hut

Di Rejang Lebong, Masih Ada Desa belum Ajukan Pencairan DD

Ilustrasi [CDN]

REJANG LEBONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyurati 22 dari 122 desa di wilayah kerjanya, yang sampai saat ini belum mengajukan permintaan pencairan Dana Desa (DD) tahap kedua.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong, Achmed Chalid, mengatakan, ke-22 desa tersebut belum mengajukan pencairan DD tahap kedua sebesar 40 persen.

Desa tersebut sebagian besar berada di Kecamatan Sindang Kelingi dan Bermani Ulu. “Kami sudah mengirimkan surat ke masing-masing kecamatan dan desa-desa yang belum mencairkan DD tahap kedua, agar segera mengurus pencairannya,” kata Achmed, Minggu (14/7/2019).

Tercatat, ke-22 desa yang belum mengajukan permintaan pencairan DD yang bersumber dari APBN itu, juga belum mengajukan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Rejang Lebong. Untuk ADD juga bantuan tahap kedua dengan besaran 25 persen yang belm diajukan.

Dua desa di Kecamatan Bermani Ulu Raya yang belum mengajukan pencairan yakni Desa Air Mundu dan Desa Selamet Sudiarjo. Pencairan ditunda, karena sedang dalam pemeriksaan Inspektorat dan Kejari Rejang Lebong.  “Jadi, hanya 20 desa yang benar-benatr belum mengajukan permintaan pencairan,” jelasnya.

Sejauh ini belum diketahui kendala dari 20 desa yang belum mengajukan pencairan tersebut. Kendati demikian, para kepala desa diminta segera mengajukan permintaan pencairan agar bisa segera diproses. “Kalau untuk permintaan pencairan tahap pertama kemarin terlambat lantaran mereka kesulitan melakukan penginputan APBDes ke Siskudes, kalau tahap kedua ini belum diketahui penyebabnya,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!