hut

Dishub Banyumas Mulai Operasikan Bus Sekolah

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

BANYUMAS — Para siswa di wilayah pinggiran Kabupaten Banyumas mulai bisa menikmati angkutan sekolah gratis sejak tahun ajaran baru ini. Bus berkapasitas 36 penumpang, terdiri dari 26 tempat duduk dan 10 handgrip merupakan bantuan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan dioperasikan di wilayah Kecamatan Somagede bagian selatan.

“Enak naik bus ini, lebih nyaman, gratis lagi. Kalau naik angkutan umum harus berdesakan dan sering berhenti, jadi kerap terlambat tiba di sekolah,” tutur salah satu siswa SMP, Soleh.

Kepala Seksi Angkutan Jalan Dinhub Kabupaten Banyumas, Taryono mengatakan, bus tersebut merupakan angkutan perintis yang diperuntukkan bagi para pelajar yang tempat tinggalnya di pelosok dan jarak dengan akses angkutan umum cukup jauh.

“Uji coba dilakukan sejak hari pertama sekolah dan setiap hari, siswa yang naik bus selalu bertambah,” kata Taryono yang ikut mengawal bus sekolah, Kamis (18/7/2019).

Pada tiga hari pertama uji coba, Senin-Rabu (15-17 Juli), bus hanya melakukan penjemputan saja. Mulai hari ini, bus mulai operasional antar-jemput. Untuk penjemputan, bus menunggu di Halte Desa Kamawi pada pukul 05.45 WIB dan untuk jadwal kepulangan, bus akan menunggu di SMP Negeri 1 Somagede kemudian rute melalui SMK Muhammdiyah Somagede, SMP N 2 Somagede, Halte Klinting dan berakhir di Halte Kemawi.

“Ada dua bus yang dioperasikan untuk penjemputan kepulangan siswa dan bus yang satu menempuh jalur mulai dari SMP N 3 Banyumas, PPPI Miftahusalam Banyumas, SMKN 1 Banyumas, SMA Banyumas SMKN 2 Banyumas, SMP N 1 Banyumas, SMK N 3 Banyumas, SMP Purnama 2 Banyumas dan SMP N 2 Banyumas, SMP N 2 Somagede, Halte Klinting dan finis di Halte Kemawi.

“Untuk penjemputan jam kepulangan siswa SMP mulai pukul 14.45 WIB dan untuk SMA pukul 15.30 WIB,” pungkasnya.

Lihat juga...