hut

Edukasi Siswa SLB melalui Dongeng

JAMBI – Puluhan siswa dan siswi Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kualatungkal Kabupaten Tanjung Jabung Timur antusias mendengarkan dongeng bersama Perpustakaan Keliling berjudul “Ima Anak Jujur” yang disampaikan oleh Kak Deti dari komunitas Kampung Dongeng Seloko Jambi.

“Ini merupakan kegiatan road show kedua dari program mendongeng ini, kali ini di SLB Kualatungkal. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan kami dari Komunitas Dongeng Seloko mengambil tema ‘Ima Anak yang Jujur’,” kata Berlian Santosa dari komunitas Kampung Dongeng Seloko di Jambi, Minggu (28/7).

Kegiatan mendongeng tersebut digelar SKK Migas – Petro China International Jabung Ltd. dan Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Tanjabbar yang didukung oleh Dinas Pendidikan Tanjabbar serta komunitas dongeng setempat dalam program gerakan gemar membaca melalui mendongeng.

Kegiatan yang didukung oleh mobil perpustakaan keliling yang dilengkapi dengan berbagai kebutuhan kampanye gerakan itu bantuan dari SKK Migas PetroChina Ltd. Tujuan kegiatan itu untuk mengoptimalkan perpustakaan sebagai dukungan mewujudkan Tanjung Jabung Barat sebagai kabupaten layak anak.

Sebelumnya PetroChina menyerahkan satu unit mobil untuk perpustakaan keliling tahun 2017, dan rencananya akan diserahkan mobil perpustakaan kedua pada 2019 ini. Mobil edukasi tersebut dilengkapi dengan rak buku, komputer, laptop dan modem, tenda mampu jinjing, kursi pengunjung dan pelantang.

Sementara itu kegiatan mendongeng di SLB Kualatungkal berlangsung cukup heboh dan cukup antusias. Para siswa yang berkebutuhan khusus senang mendapatkan dongeng yang dimainkan dengan media pendukung boneka tangan.

“Tentunya tantangan tersendiri bagi kami untuk menyampaikan pesan dongeng Ima anak Jujur kepada mereka yang berkebutuhan khusus, namun kami sangat gembira mereka sangat antusias, orang tua mereka juga mendukung,” ungkap pria yang akrab disapa Ian itu.

Adanya peserta yang merespon, seperti mendatangi pendongeng dan menanyakan sesuatu, menurut Ian itu sangat bagus dan respon mereka positif. Selain itu lima kader komunitas dongeng Tanjabbar juga hadir mengikuti kegiatan mendongeng yang disampaikan oleh Kak Deti.

Sedangkan pekan sebelumnya, juga dilakukan pelatihan mendongeng kreatif yang digelar di Kantor Bappeda Kabupaten Tanjabbar di Kualatungkal.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dari SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd. Salah satunya untuk meningkatkan minat dan budaya membaca di masyarakat, khususnya di kalangan anak-anak sejak usia dini.

Mendongeng merupakan salah satu media yang bisa digunakan untuk menumbuhkan minat membaca, khususnya bagi anak-anak. Buku menjadi sumber ajar bagi anak, sehingga dibutuhkan kemampuan guru atau para orang tua untuk menyajikan cerita yang kreatif sehingga dapat mendorong perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik anak.

Isi cerita yang disampaikan pada waktu mendongeng disesuaikan dengan tema yang aktual dan yang menjadi program utama pemerintah untuk disampaikan kepada anak.

Rencananya kegiatan workshop mendongeng kreatif akan digelar sebanyak tiga kali atau tiga angkatan, sekali lomba mendongeng serta optimalisasi kunjungan mobil perpustakaan keliling untuk 12 kali kegiatan.

Sementara itu kegiatan mendongeng bagi siswa-siswi SLB di Kualatungkal dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan Tanjabbar, Kepala SLB Kualatungkal, Dinas Pendidikan, Comdev PetroChina Jabung Lasno serta kader komuntas dongeng Tanjabbar. (Ant)

Lihat juga...