Es Cincau Mutiara, Minuman Menyehatkan di Musim Panas 

Editor: Mahadeva

BEKASI – Saat cuaca sedang panas, meminum es cincau dengan kuah santan dan gula merah, pasti menyegarkan. Disamping menyegarkan dan bisa membuat kenyang, Cincau Juga kaya akan manfaat bagi kesehatan.

“Khasiat Cincau adalah melancarkan pencernaan, mengobati panas dalam, dan baik dikonsumsi untuk ibu hamil,” ungkap Dede (29), penjual Es Cincau Mutiara yang biasa mangkal di Komplek Villa Nusa Indah, Bojongkulur, Gunungputri, Kabupaten Bogor, Sabtu (6/7/2019).

Dede, penjual es Cincau Mutiara di Dekat pasar Pucung, Bojongkulur, Kabupaten Bogor – Foto M Amin

Dese, yang berasal dari Daerah Tasikmalaya Jawa Barat, berjualan es cincau memanfaatkan musim panas yang tengah melanda wilayah Bekasi, Bogor. Bahan baku daun cincau, dikirim langsung dari daerah asalnya di Tasikmalaya dalam bentuk daun segar, dan diracik sendiri di Bekasi. “Tapi, racikannya tanpa menggunakan bahan pengawet seperti gula dan santan. Gula langsung menggunakan gula aren yang juga dikirim dari daerah Tasikmalaya,” ujar Dede.

Es Cincau Mutiara, pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan es cincau pada umumnya. Hanya saja, Cincau mutiara memiliki campuran tersendiri, yang diberikan saat memasak santan. Bumbu khusus tersebut, menjadikan pecinta es cincau akan merasakan sensasi berbeda saat meminum es cincau mutiara.

Lihat juga...