hut

Festival Beduk dan Gondang, Kekayaan Budaya Mustikajaya

Editor: Mahadeva

BEKASI – Ribuan warga Kota Bekasi, Jawa Barat, memadati Festival Beduk dan Gondang, yang diinisiasi oleh masyarakat di Kecamatan Mustikajaya, Minggu (14/7/2019).

Kegiatan yang sudah memasuki penyelenggaraan di tahun ke-14 tersebut, dalam rangka melestarikan budaya lokal setempat. “Ada sekira 20.000 orang peserta dari perwakilan lima kelurahan yang ikut dalam Festival Beduk dan Gondang tingkat Kecamatan Mustikajaya,”kata Lukman, Sekretaris Panitia pelaksana Festival, Minggu (14/7/2019).

Dikatakan bahwa kriteria Festival adalah adu beduq dan mengarak Gondang, yang berisikan makanan khas Betawi. Peserta akan di nilai tim profesional, dari tokoh masyarakat dan Dinas Pariwisata Kota Bekasi. Ada empat penilaian wajib untuk Gondang. Dinilai dari sisi makanan tradisional yang dihidangkan. Sedangkan Beduk dari akurasi suara dan kekompakan penabuh.

Camat Mustikajaya, Gutus, mengatakan, Festival Beduk dan Gondang dilaksanakan atas inisiasi masyarakat. Kegiatan tersebut, menjadi tradisi di Mustikajaya, yang selalu menggelar lomba beduk pada saat lebaran. “Beduk dan Gondang adalah kolaborasi. Festival beduk sudah biasa, kalo Gondang adalah semacam isi hantaran saat acara pernikahan kalo di Jawanya,” ujar Gutus.

Rahmat Effendi, Wali Kota Bekasi – Foto M Amin

Festival Bedug dan Gondang diinisiasi oleh Camat Pertama Mustikajaya, Jumhana Luthfi. Setiap tahunnya, antusias masyarakat untuk mengikuti acara tersebut cukup ramai.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, yang hadir dalam kegiatan tersebut, mengapreasiasi penyelenggaraan festival. Kegiatan tersebut memperkaya budaya lokal yang ada di Mustikajaya. “Ini merupakan salah satu budaya Bekasi, yang terus dipertahankan dalam bentuk festival. Kegiatan ini merupakan salah satu budaya karakter yang ada di Mustikajaya,” tandasnya.

Festival Beduk dan Gondang Mustikajaya, dimulai pukul 15.00 WIB. Diawali pawai keliling berbagai kesenian beduk. Kegiatan ditutup dengan pertunjukan wayang golek yang berlokasi di tenpat yang sama, yaitu Stadion Mini Kecamatan Mustika Jaya Kota Bekasi.

Lihat juga...