hut

Gedung Sekolah BCB di Surabaya Butuh Rehabilitasi

Ilustrasi SMP N 3 Surabaya - Foto: sekolah.data.kemdikbud.go.id

SURABAYA – Gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Surabaya, yang berada di Jalan Praban Kota Surabaya, Jawa Timur, membutuhkan rehabilitasi. Bangunan Cagar Budaya (BCB) tersebut mengalami kerusakan dibeberapa bagian.

Kepala Bagian Adminstrasi dan Pembangunan Kota Surabaya, Robben Rico, mengatakan, gedung SMPN Negeri 3 dulunya bernama Meer Uitgebreid Lager Ondowijs (MULO), sekolah setara sekolah menengah pertama pada zaman penjajahan Belanda.

“Mumpung posisi masih liburan, jadi misalkan dibongkar, direhab masih ada waktu. Beberapa ruangan memang perlu diperbaiki, seperti kelas perlu dicat ulang dan perbaikan lainnya,” jelasnya, Selasa (9/7/2019).

Robben mengatakan, selain mengupayakan rehabilitasi untuk memperbaiki bagian gedung yang rusak, pemerintah kota juga akan membantu sekolah memperbaiki sarana dan prasarana pendukung kegiatan pendidikan. “Agar nantinya, semua sekolah di Surabaya memiliki kualitas yang sama,” katanya.

Saat dikunjungi Wali Kota Surabaya, Tri Rusmaharini, jajaran pengurus SMP Negeri 3 mengemukakan keinginan, untuk membangun lapangan, guna menunjang aktivitas olahraga murid di sekolah. “Kalau ada lapangan, mereka bisa sepak bola, voli, dan beberapa kegiatan olahraga lain,” jelasnya.

Pemerintah Kota Surabaya, akan berupaya membeli lahan yang ada di sekolah tersebut, supaya bisa digunakan untuk mendukung kegiatan pendidikan. “Entah dibuatkan laboratorium atau apa. Intinya digunakan untuk mengembangkan kualitas sekolah yang ada, atau bisa juga kegiatan ekstra misalkan hidroponik dan juga bisa kesenian karawitan,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...