hut

Gedung Sekolah SDN 1 Ungasan Rusak Akibat Gempa

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BADUNG – Gempa yang melanda Pulau Bali Selasa (16/7/2019) merusak salah satu gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali. Beberapa ruangan kelas tampak hancur, akibat gempa berkekuatan skala 6 magnitudo itu.

Kepala Sekolah SDN 1 Ungasan, Ni Made Asri, menjelaskan, saat terjadi gempa pada pukul 08.00 Wita tadi, ia sedang melakukan aktivitas Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk penyambutan siswa baru di tahun pelajaran baru 2019. Dimana para siswa dari kelas satu hingga kelas enam dikumpulkan di halaman sekolah untuk mengikuti prosesi upacara adat Bali.

Kepala Sekolah SDN 1 Ungasan Kecamatan Kuta Selatan, Badung Bali Ni Made Asri.-Foto: Sultan Anshori.

“Kebetulan hari ini kami sedang melakukan persembahyangan bersama umat Hindu yang diikuti oleh kelas 1 sampai dengan kelas 6 dan semua tenaga pendidik serta kependidikan. Setelah selesai murid kelas satu memasuki ruangan kelas bersama dengan dua orang guru pendamping. Nah pada saat akan memasuki ruangan kelas, tiba-tiba terdengar dentuman suara dan guncangan lumayan besar terjadi. Langsung semua murid panik dan berteriak sambil lari berhamburan,” kata Ni Made Asri saat ditemui, Selasa (16/7/2019).

Akibatnya, dua orang siswa dan satu orang guru terpaksa dilarikan ke Puskesmas karena mengalami luka robek dan benjol di bagian kepala. Sementara satu siswa lagi mengalami luka benjol namun tidak dilakukan tindakan medis.

Terkait kerusakan gedung sekolah, Ni Made Asri menyebut, ada beberapa ruangan kelas dan fasilitas toilet sekolah mengalami kerusakan di bagian genteng dan platform.

Ia berharap gedung sekolah yang rusak segera mendapatkan perhatian dari pihak Pemkab Badung mengingat akan digunakan untuk aktivitas belajar mengajar siswa. Apalagi ini tahun ajaran baru.

“Untuk sementara kami liburkan aktivitas belajar mengajar di sekolah ini. Dan kami sudah menghubungi pihak dinas Pendidikan Badung untuk itu. Terakhir kami berharap semoga gedung kami segera diperbaiki oleh pemerintah,” tandasnya.

Lihat juga...