hut

Ikut Pameran, Upaya KUD SHS Mandiri Krambilsawit Bangun Jaringan

Editor: Mahadeva

YOGYAKARTA – KUD SHS Mandiri Krambilsawit, Saptosari, Gunungkidul berupaya menjawab tantangan perkembangan zaman di era revolusi industri 4.0 dengan tindakan nyata.

Selain aktif memberdayakan warga untuk berwirausaha, KUD SHS Mandiri Krambilsawit juga tak berhenti membangun jaringan kemitraan. Hal itu sebagai bagian penting untuk memasarkan produk yang dihasilkan anggota koperasi.

Salah satunya seperti dilakukan pada akhir pekan lalu untuk ikut memeriahkan Hari Jadi Koperasi ke-72 di Kabupaten Gunungkidul, KUD SHS Mandiri Krambilsawit mengikuti acara Pameran Produk bertajuk Gunungkidul Harkop Expo 2019. Bersama puluhan Koperasi maupun UMKM lainnya, KUD SHS Mandiri Krambilsawit, ikut memamerkan produk karya anggota mereka di Alun-Alun Wonosari, Gunungkidul.

Manajer Umum KUD SHS Mandiri Krambilsawit, Muhammad Lukman Hakim saat ditemui Cendana News, Senin (29/7/2019) – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Salah satu persoalan atau tantangan kita saat ini, ialah masih terbatasnya link-link pasar, untuk memasarkan produk UMKM warga yang kita bina. Karena itu, kita berupaya membangun jaringan kemitraan. Salah satunya melalui kegiatan ini. Untuk membangun link pasar dan memperbanyak link dengan mitra-mitra koperasi,” ujar Manager Umum KUD SHS Mandiri Krambilsawit, Muhammad Lukman Hakim, Senin (29/7/2019).

Melalui kegiatan pameran, KUD SHS Mandiri Krambilsawit bisa memasarkan warga desa yang telah mereka bina selama ini. Mulai dari bermacam produk batik khas Krambilsawit, berbagai produk olahan makanan olahan ketela atau singkong, kerajinan tangan, hingga kaos sablon karya anak-anak muda warga desa Krambilsawit.

“Adanya banyak produk yang kita tampilkan, mulai dari produk unggulan berupa batik motif kelapa khas Krambilsawit. Olahan makanan seperti lempeng, patilo, manggleng, dan kerupuk. Hingga kerajinan tangan seperti hiasan bunga dari sabun serta kaos sablon,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, KUD SHS Mandiri Krambilsawit, merupakan koperasi unit desa yang ada di desa terpencil Krambilsawit, Saptosari, Gunungkidul. Koperasi ini dibentuk sebagai motor kegiatan pemberdayaan di desa Krambilsawit yang merupakan Desa Binaan Yayasan Damandiri.

Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, KUD SHS Mandiri Krambilsawit, selama beberapa tahun terakhir tidak berhenti melakukan pemberdayaan warga di bidang ekonomi. Salah satunya dengan mendorong warga memproduksi kain batik khas Krambilsawit.

“Selama ini kita rutin melakukan pelatihan-pelatihan membatik untuk warga. Hasilnya, dari sembilan padukuhan yang ada, saat ini sekitar 50 pesen sudah bisa menghasilkan produk batik,” tandasnya.

Selain melatih warga untuk membatik, KUD SHS Mandiri Krambilsawit, juga berperan membantu warga memasarkan produk yang dihasilkan. Upayanya, dengan membeli produk batik yang dihasilkan warga untuk kemudian dijual lagi kepada konsumen. Dengan cara tersebut diharapkan, usaha warga bisa berjalan, dan berkembang hingga nantinya mampu mandiri.

Lihat juga...