JCH di Embarkasi Palembang Masih Membawa Barang Berlebihan

Jamaah haji - DoK CDN

PALEMBANG – Kantor Wilayah III Direktorat Jendral Bea dan Cukai Tipe B Palembang, masih mendapati jamaah calon haji yang membawa barang melebihi ketentuan.

“Pemeriksaan di Asrama Haji Palembang, ternyata masih ada Jamaah Calon Haji (JCH) yang membawa rokok dan cairan melebihi ketentuan,” kata Kepala Bidang Bea Cukai Keberangkatan Haji, Cahyo, Minggu (14/7/2019).

Berdasarkan ketentuan, penumpang yang berpergian ke luar negeri tidak boleh membawa rokok lebih dari 200 batang, serta cairan lebih dari 100 mililiter. Selama satu pekan pemeriksaan, petugas mendapati banyak calon haji membawa rokok dalam jumlah berlebih di dalam tas kabin.

“Kami sangat menyayangkan temuan-temuan itu karena jamaah sudah sering diingatkan, tapi mungkin karena lupa atau memang tidak mengindahkan aturan maka terpaksa kami sita,” katanya.

Diimbau, JCH Embarkasi Palembang mematuhi ketentuan mengenai barang bawaan, demi keselamatan penerbangan dan kelancaran ibadah di Tanah Suci. Kantor Wilayah III Direktorat Jendral Bea dan Cukai Tipe B Palembang menyiagakan petugas di Asrama Haji Palembang untuk memeriksa barang jamaah selama di embarkasi maupun debarkasi.

Berdasarkan data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sumatera Selatan, pada musim haji 2019 Embarkasi Palembang memberangkatkan 8.545 calon haji. Terdiri atas 7.195 calon haji asal Sumatera Selatan, 1.255 calon haji asal Bangka Belitung, dan 95 petugas pendamping. (Ant)

Lihat juga...