hut

‘Jodipunk’, Busana Muslim yang Terinspirasi Anak Punk

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MALANG – Kampung Warna-warni Jodipan selain menarik untuk dikunjungi sebagai tempat wisata, ternyata juga mampu memberikan inspirasi bagi seorang desainer Agus Sunandar dalam merancang pakaian busana muslim ‘Jodipunk’ hasil karyanya.

“Sebagai desainer dari Malang, saya ingin mencoba mengangkat sesuatu yang saat ini menonjol di Malang. Setelah melakukan riset, akhirnya saya coba mengangkat Kampung Warna Warni Jodipan ke dalam konsep desain busana muslim yang saya buat,” ujarnya.

Menurutnya, kampung Jodipan merupakan salah satu kampung padat penduduk di kota Malang yang menjadi potret sudut kehidupan kaum urban yang menjadi destinasi wisata kekinian. Dengan berbagai permasalahannya, kawasan ini survive dan mampu beradaptasi dengan kemajuan zaman.

“Tema yang saya ambil disini itu excuberant berupa gaya atau style jalanan atau street wear yang agak keluar dari konsep pada umumnya. Kemudian dipadukan dengan penggunaan warna-warna mencolok yang terinpirasi dari kampung warna-warni Jodipan,” terangnya.

Selain itu Agus mengaku sangat tertarik dengan gaya berpakaian dari anak-anak punk yang kreatif. Mereka membuat bajunya sendiri dengan detil-detil tersendiri.

“Jadi kenapa konsep baju busana muslimnya bukan Jodipan tapi Jodipunk, karena selama saya melakukan riset di sekitar Jodipan di daerah jembatan, ternyata banyak kehidupan anak punk yang cocok dengan konsep excuberant yaitu konsep jalanan.

Saya tertarik dengan baju mereka karena mereka bisa membuat bajunya sendiri dengan detil tersendiri. Jadi busana muslim ‘Jodipunk’ ini konsepnya merupakan gabungan dari style anak punk, konsep warna warni Jodipan dan konsep excuberant,” tandasnya.

Menurutnya koleksi busa muslim ‘Jodipunk’ dibuat untuk para wanita dan pria yang kehidupannya modern, suka dengan hal-hal yang baru dan avantgarde, namun tetap memperhatikan etika dan norma kesopanan.

Setiap look terdiri dari beberapa bagian yang bisa dipadupadankan menjadi look yang baru dengan style yang berbeda.

“Jodipunk ingin menghadirkan koleksi busana muslim yang urban dan berselera kekinian sehingga bisa menghadirkan alternatif pilihan bagi masyarakat. Khususnya bagi para pecinta fashion. Saat ini sudah ada delapan desain busana muslim Jodipunk,” tandasnya.

Beberapa waktu yang lalu busana muslim Jodipunk ini juga ditampilkan di ajang International Muslim Festival di Jakarta.

Lihat juga...