hut

Kakek Rohadi: Terima Kasih Pak Harto

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

YOGYAKARTA — Rumah sederhana milik kakek Rohadi (80) warga dusun Kemusuk Kidul RT 05, Argomulyo, Sedayu, Bantul, kini nampak jauh lebih baik dari sebelumnya. Sejumlah ruangan mulai dari ruang tamu, ruang tengah, hingga kamar tidur di rumah itu nampak jauh lebih bersih dan tertata.

Semua itu tak lepas dari keberhasilan program Yayasan Damandiri, di desa tempat kelahiran Presiden ke2 RI  Jenderal Besar HM Soeharto tersebut. Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, Yayasan Damandiri tak henti memberdayakan warga desa melalui sejumlah bantuan. Di antaranya bantuan lantainisasi pada rumah-rumah warga.

“Beberapa waktu lalu saya mendapatkan bantuan lantainisasi dari Yayasan Pak Harto (Yayasan Damandiri). Berupa pasir, semen 10 sak dan uang untuk biaya tukang. Bantuan itu saya gunakan untuk menyemen lantai rumah. Sekarang sudah jauh lebih bagus. Terimakasih Pak Harto,” katanya kepada Cendananews.

Kakek Rohadi sendiri mengakui, sebelum mendapatkan bantuan, rumahnya memang masih berlantai tanah. Ia hanya mengakalinya dengan menaruh batu bata yang ditata di atasnya sedemikian rupa agar tanah tidak terlihat. Karena tidak memiliki biaya untuk menyemen lantai rumah, kondisi itu pun berlangsung selama bertahun-tahun lamanya.

“Alhamdulillah lima ruangan sekarang sudah disemen lantainya. Mulai dari ruang tamu, ruang tengah, dua kamar tidur, dan dapur. Jelas sangat bermanfaat. Rumah jadi nampak lebih bersih. Semoga Yayasan Pak Harto bisa terus ada untuk membantu warga desa khususnya rakyat kecil,” katanya.

Tinggal bersama anaknya, Kakek Rohadi sendiri, sehari-hari hanya berada di rumah. Usianya yang telah sepuh, memaksanya tak bisa banyak bergerak apalagi untuk bekerja. Kebutuhan sehari-harinya selama ini ditanggung oleh anaknya, yang bekerja sebagai petugas cleaning service di sebuah perusahaan di Jogja.

“Kalau tidak dapat bantuan seperti ini ya sulit mau merenovasi rumah. Sehingga bantuan ini benar-benar bermanfaat bagi saya,” katanya.

Lihat juga...