hut

Kaltim Rencanakan Pembentukan Tim Rescue ESDM

Editor: Koko Triarko

Kepala Dinas Eenergi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kaltim, Wahyu Widhi Heranata –Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, berencana membentuk Tim Rescue ESDM untuk mengatasi dampak kegiatan pertambangan. Tim Rescue tersebut berasal dari dari pelaku industri pertambangan. Baik tambang migas maupun batu bara.

“Dari unsur pemerintah akan dilibatkan badan penanganan bencana atau keadaan darurat,” kata Kepala Dinas Eenergi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kaltim, Wahyu Widhi Heranata, Jumat (12/7/2019).

Pembentukan tim tersebut sebagi upaya mengintegrasikan seluruh potensi masyarakat dalam mengatasi bencana, khususnya keadaan darurat yang berasal dari kegiatan tambang.

Pemerintah Kalimantan Timur terus dikritik, lantaran berbagai bencana yang terjadi akhir-akhir ini. Seperti banjir yang menimpa ibu kota provinsi, Samarinda.

Banjir besar yang terjadi selama lebih dari sepekan itu diduga akibat kegiatan tambang batu bara yang tak terkendali. Peristiwa tersebut menyebabkan kegiatan ekonomi lumpuh, proses belajar mengajar terhenti, dan menimbulkan kerugian yang cukup besar.

“Ketika ada banjir di Samarinda, kami coba menjembati keinginan membentuk tim. Saat Badan Penanggulangan Bencana Daerah turun, kami ajak diskusi membentuk sebuah tim bersama,” imbuh Wahyu Widhi Heranata.

Dia menambahkan, Dinas ESDM Kaltim tidak ingin mengatur keberadaan tim rescue minerba atau migas, melainkan hanya membuat wadah tim rescue ESDM, guna merespons setiap bentuk bencana.

“Saya sering melihat teman-teman kegiatan rescue fire challenge di Senipah. Melihat kemampuan mereka, maka sangat pas jika tim ini dibentuk,” ujarnya.

Kemampuan tim ini diharapkan dapat memberikan bantuan pada saat terjadi banjir, tanah longor, kekeringan, kebakaran dan kemungkinan bencana lainnya. Pemerintah Kaltim berharap ada tim respons cepat.

Wahyu menyebutkan, dalam anggaran biaya di minerba terdapat klausal kebencanaan. Hal ini bisa digabungkan dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Lihat juga...