hut

Kantor Imigrasi Jember Wujudkan Layanan Ramah Difabel

Editor: Koko Triarko

JEMBER – Layanan publik yang ramah bagi penyandang difabel, lansia dan anak, makin mendesak untuk diwujudkan. Kantor Imigrasi Kelas II TPI Jember, pun terus berupaya memberikan pelayanan khusus bagi lansia, Ibu hamil, difabel dan anak-anak.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Jember, Kartana, mengatakan, mengacu pada Instruksi Menteri Hukum dan HAM (Menkumhan) untuk memberikan pelayanan berbasis HAM, pihaknya mengutamakan lansia, ibu hamil, kemudian anak-anak dan difabel.

Menurut Kartana, pihaknya juga telah membuat fasilitas layanan yang seramah mungkin dengan dibuatkan pemberitahuan sendiri di depan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Jember Kartana. -Foto: Kusbandono

“Jadi, pelayanannya sampai dengan sarana prasarana berbasis HAM, termasuk toilet yang ada pegangangannya. Bagi yang berkebutuhan khusus lebih diutamakan, bahkan untuk anak diberi tempat bermain agar tidak jenuh menunggu,” tutur Kartana, Kamis (11/7/2019).

Salah seorang warga, Ainul yang mengantarkan orang tuanya ke Imigrasi, mengaku puas dengan pelayanan Imigrasi Jember.

“Pelayanannya sangat bagus, karena kondisi orang tua saya terkena stroke, jadi kalau mobil parkir agak jauh kesusahan. Sementara tadi pas turun langsung dari petugas imigrasi menghampiri dengan memberikan bantuan mengambilkan kursi roda,” ucap Ainul.

Ainul menjelaskan, di dalam juga enak, ketika hendak ke toilet pun juga diantarkan oleh petugas. Ainul berharap, ke depan pelayanannya lebih ditingkatkan lagi dan lebih baik.

Lihat juga...