hut

Karhutla di Kecamatan Bathin Solapan Berhasil Dipadamkan

BENGKALIS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis Riau berhasil mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Kecamatan Bathin Solapan.

“Alhamdulillah, dua lokasi karhutla yang terjadi di Kecamatan Bathin Solapan berhasil kita padamkan, ” ujar Kepala BPBD Bengkalis, Tajul Mudaris, Rabu.

Dijelaskan Tajul, karhutla yang terjadi di Kecamatan Bathin Solapan diantaranya merupakan lahan kosong semak belukar yang belum diketahui pemiliknya.

“Lahan yang terbakar diperkirakan seluas 2 hektare di Jalan Siak Desa Petani dan pemilik lahan belum kita ketahui, api berhasil dipadamkan oleh tim Pusdatim BPBD dan Damkar menggunakan dua unit mobil Damkar, ” kata Tajul.

Untuk lokasi kedua, karhutla terjadi di Jalan Permai Km 12 Kulim RT. 01/RW. 03 Desa Air Kulim yang merupakan lahan perkebunan sawit milik warga.

“Luas perkebunan sawit yang terbakar diperkirakan sekitar 2 hektare dan berhasil dipadamkan oleh tim dari Pusdatin BPBD, Damkar, TNI, Polri, MPA dan masyarakat, ” kata mantan Sekretaris Bappeda Bengkalis ini.

Tajul juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan dalam membuka perkebunan yang dampak dari kejadian tersebut sangat merugikan semua pihak.

“Kita terus mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan dalam membuka perkebunan karena sudah ada sanksi tegas diberikan kepada pelaku, ” kata Tajul. (Ant)

Lihat juga...