hut

Karhutla Terjadi Lagi di Sumsel

Editor: Koko Triarko

PALEMBANG – Memasuki puncak musim kemarau, kebakaran lahan dan hutan makin intens terjadi di wilayah Sumatra Selatan. Sebelumnya, kebakaran terjadi di dua kabupaten, yakni Pali dan Ogan Ilir, dan pada Selasa (16/7), kebakaran melanda wilayah Sekayu di Kabupaten Musi Banyuasin.

Ansori, Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Sumsel, menjelaskan, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.45 WIB. Tim yang berada paling dekat dengan lokasi pun langsung di terjunkan.

“Ada BPBD Muba dan instansi lainnya yang berada tak jauh dari lokasi, kemudian langsung mengambil tindakan untuk memadamkan api,” kata Ansori, Selasa (16/7/2019).

Ia merinci, kebakaran terjadi di jalan Kol. H Nazom Nurhawi, Kelurahan Kayuare, Kecamatan Sekayu, tepatnya berada di koordinat 2°52’7,338″S 103°52’48,096″E Altitude:8.1m dengan luas lahan terbakar 50 x 50 meter persegi.

Ansori, Kabid Kedaruratan BPBD Sumsel, -Foto: M. Chandra

“Penyebab pasti kebakaran belum diketahui pasti, namun berdasarkan informasi warga setempat, lahan memang sengaja dibakar. Ini kami selidiki dulu,” imbuhnya.

Ia memaparkan, berdasarkan informasi dari warga setempat, pemilik lahan bernama Daud melakukan pembersihan lahan sekitar pukul 09.00 WIB dengan cara membakar. Kemudian petugas pemantau BPBD melihat asap dari jalan poros perumahan VBS, saat bersamaan dengan rekan lainnya mereka langsung melihat ke lokasi, guna memastikan keadaan.

“Tim beserta warga mencoba memadamkan api, namun setelah mencoba melakukan pemadaman secara manual, ternyata api mulai membesar, barulah tim satgas diturunkan ke lokasi,” imbuhnya.

Beruntung, lanjutnya, setelah satgas diturunkan, api berhasil dikendalikan dan dipadamkan.

“Sumsel ini tengah berada di puncak musim kemarau, jadi membuka lahan jangan dengan membakar, sebab api sulit dikendalikan dan akan menjadi sebab kebakaran yang besar,” pungkasnya.

Lihat juga...