hut

Karya Bhakti 2019, Kodim 0507 Fokus Benahi Pemukiman Kumuh di Bekasi

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

BEKASI — Komando Distrik Militer (Kodim) 0507/Bekasi bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, melalui program karya bhakti 2019 fokus melakukan pembenahan lingkungan pemukiman kumuh di wilayah setempat.

Dandim 0507/Bekasi, Letkol Arm Abdi Wirawan. Foto: Muhammad Amin

“Lingkungan RW 26 Kelurahan Pekayon Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, dianggap layak dibenahi dan sudah ditentukan enam rumah. Giat dimulai dari wilayah ini,”kata Dandim 0507/Bekasi, Letkol Arm Abdi Wirawan di lokasi, Senin (15/7/2019).

Dikatakan dalam program Karya Bhakti 2019 di Kota Bekasi Kodim 0507 akan dilaksanakan pada tujuh kecamatan. Hal tersebut fokus pada peningkatan kualitas lingkungan permukiman kumuh.

Menurutnya, selain melakukan bedah rumah dinilai tidak layak huni, dalam karya bhakti 2019, akan membenahi jalan lingkungan rusak, dan septi tank bagi yang belum punya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa mekanisme bekerjasama dengan Pemkot Bekasi dalam menentukan berapa rumah di setiap kelurahan untuk dibedah melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Bekasi.

Diketahui untuk 2019 Anggaran yang dialokasikan untuk 14 Kelurahan pada 7 Kecamatan sebesar Rp14 Milyar yang terbagi menjadi 2 tahap. Tahap 1 dikerjakan pada lima Kelurahan antara lain, dari Kecamatan Pondokgede di Kelurahan Jatibening dan Kelurahan Jatibening Baru dengan alokasi dana mencapai Rp2 Milyar.

Di Kecamatan Bekasi Timur, Kelurahan Bekasijaya dan Kelurahan Arenjaya alokasi dana Rp2 Milyar dan Kecamatan Bekasi Selatan di Kelurahan Pekayonjaya alokasi dana Rp1 Milyar. Untuk tahap kedua, dikerjakan di 9 Kelurahan yang mendapatkan alokasi dana sebesar Rp. 9 Milyar.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyampaikan pemukiman kumuh masih menjadi tantangan bagi Pemerintah Kota Bekasi. ”

Giat ini wujud sinergi dalam percepatan penanganan kawasan kumuh oleh Pemkot Bekasi melalui koordinasi dengan TNI, termasuk kegiatan kemasyarakatan kemanusiaan dalam menangani permasalahan sosial”ujar Rahmat Effendi.

Hari pertama pertanda dimulainya giat Karya Bhakti 2019 dilakukan peresmian di RW 26, Kelurahan Pekayonjaya dengan peletakan batu pertama oleh tiga pilar Kodim 0507/Bekasi, Polretro Bekasi, dan Pemkot Bekasi. Tahun 2019 pembenahan pemukiman kumuh akan dilaksanakan di 7 kecamatan dan 14 kelurahan.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!