hut

Kebakaran Hutan di Maui Masuk Katagori Darurat

Ilustrasi kebakaran (Ant)

HONOLULU – Kebakaran hutan di Pulaua Maui disebut-sebut sudah masuk katagori darurat. Kondisi darurat sudah diumumkan oleh Guberbur Hawaii, David Ige, Jumat (12/7/2019) waktu setempat.

Saat ini petugas pemadam setempat, sedang berjuang melawan kobaran api, yang telah memaksa ribuan orang mengungsi. Asap kebakaran berupa awan tebal terlihat membubung ke atas pantai yang berdekatan.

Kebakaran di Maui, yang kadang-kala disebut Valley Isle, telah melahap lebih dari 10.000 acre atau sekira 4.000 hektare lahan bekas ladang tebu dan semak. Api diketahi menyala sejak Kamis (11/7/2019). Hingga Jumat, petugas baru bisa mengendalikan sekira 20 persen dari lokasi yang terbakar.

“Kebakaran, berawal dari lembah di bagian tengah pulau, dan angin yang berhembus dengan kecepatan 20 mil (30 kilometer) per-jam, membuat kobaran api bertambah besar, kata beberapa pejabat setempat, Sabtu (13/7/2019).

Si jago merah membuat ribuan warga dan wisatawan di Permukiman Maalaea dan Kihei, pergi menyelamatkan diri sebagai pencegahan. “Saya mengumumkan Valley Isle kami sebagai daerah bencana untuk tujuan penerapan fungsi penanganan darurat sebagaimana diizinkan oleh hukum,” kata Gubernur Ige di dalam satu pernyataan.

Honolulu Star-Adviser mengatakan, tidak ada laporan mengenai korban cedera atau kerusakan gedung. Sementara, penyebab kebakaran sedang diselidiki. Oprah Winfrey, yang memiliki properti di Maui, membuka jalan pribadi miliknya pada Kamis (11/7/2019) untuk membantu para pejabat Maui County menangani kebakaran. Ige berterima kasih kepada tokoh televisi tersebut di Twitter. Sementara, petugas pemadam telah menggunakan helikopter untuk menjatuhkan air dalam upaya memadamkan si jago merah. (Ant)

Lihat juga...