hut

Keuangan Syariah Indonesia Berkembang Semakin Pesat 

Editor: Mahadeva

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorum Ni'am Sholeh, saat ditemui Cendana News di sela-sela rapat koordinasi fatwa MUI di Hotel Margo City, Depok, Kamis (25/7/2019) sore. Foto: Sri Sugiarti.

JAKARTA – Perkembangan keuangan syariah di Indonesia semakin pesat. Kondisi tersebut, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat didalam kehidupan beragama.

Selain itu, kebijakan atau regulasi dari pemerintah untuk mendorong pengembangan keuangan syariah juga semakin mumpuni. “Keuangan syariah kita makin pesat. Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) juga telah dibentuk. Ini bisa memberikan konstribusi terhadap percepatan perkembangan keuangan dan ekonomi syariah Indonesia,” kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorum Ni’am Sholeh kepada Cendana News, di sela-sela rapat koordinasi fatwa MUI, Kamis (25/7/2019).

Adanya peluang pasar, yang merupakan tuntutan masyarakat, disebutnya dapat meningkatkan perkembangan keuangan syariah di Indonesia. Sementara, dari sektor perkembangan ekonomi syariah di level global, disebutnya juga semakin kuat. “Maka, suka tidak suka, mau tidak mau, kita harus mengambil peluang ini, dengan segera menyiapkan infrastruktur terkait dengan keuangan syariah,” tandas Ni’am.

Misalnya, infrastruktur di sektor pariwisata halal dan kuliner berbasis syariah. Hal tersebut menurutnya, menjadi satu paket yang merupakan alternatif devisa yang bisa menyasar segmen pemilih tertentu yang potensinya sangat luar biasa.

Lihat juga...