hut

Koperasi Kartini Mandiri Lestari Pasarean Bantu Modal 540 Warga

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Meski belum genap satu tahun berdiri, program Desa Cerdas Mandiri Lestari Pasarean, di kecamatan Kamijahan, Bogor, telah mampu menunjukkan kontribusi, memberikan banyak manfaat bagi kemajuan desa yang terletak di sebelah utara Gunung Salak ini.

Melalui sejumlah program yang dijalankan, Koperasi Kartini Mandiri Lestari Pasarean terbukti mampu membawa kehidupan masyarakat desa Pasarean ke arah yang lebih baik.

Manajer Umum Koperasi Kartini Mandiri Lestari Pasarean, Hamidah, mengatakan, melalui unit usaha Simpan Pinjam Tabur Puja yang dimiliki, pihaknya telah mampu memberikan akses bantuan pinjaman modal usaha bagi sebanyak 540 keluarga miskin di desa tersebut.

“Koperasi Tabur Puja baru berjalan sejak akhir 2018 lalu. Tapi sekarang anggotanya sudah mencapai 593 orang. Meningkat dua kali lipat dari sebelumnya yang hanya sekitar 200-an anggota. Dari jumlah itu sebanyak 540 sudah mendapatkan akses permodalan. Dengan total dana yang digulirkan mencapai Rp1 miliar,” katanya saat ditemui dalam acara Rapat Kerja Desa Cerdas Mandiri Lestari di Yogyakarta, Kamis (11/7/2019).

Tak hanya membantu akses permodalan, keberadaan Koperasi Kartini Mandiri Lestari Pasarean, dikatakan secara perlahan juga mampu mengubah pola pikir atau mindset masyarakat yang selama ini  menganggap koperasi sebagai tempat untuk meminjam uang saja. Melainkan juga sebagai tempat untuk menabung secara kekeluargaan.

“Sejak adanya koperasi, sejauh ini telah mampu mengubah mindset masyarakat menjadi gemar menabung. Adanya koperasi juga mampu mencegah masyarakat tergiur pada pihak-pihak yang memberikan pinjaman atau tabungan tak sehat seperti rentenir maupun investasi bodong,” katanya.

Selain program simpan pinjam Tabur Puja, Koperasi Kartini Mandiri Lestari Pasarean, juga tengah merintis unit usaha baru berupa, warung grosir yang menyediakan berbagai kebutuhan sembako dengan harga murah. Unit ini didirikan sebagai upaya untuk membantu warga dalam penyediaan barang dagangan.

“Toko ritel ini dipilih karena dinilai lebih menguntungkan. Juga sebagai kelanjutan program simpan pinjam. Jadi setelah mendapatkan modal, warga bisa membeli berbagai macam barang dagangan untuk usaha mereka. Tidak perlu jauh-jauh mencari barang ke luar desa,” ujarnya.

Desa Pasarean di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat merupakan salah satu Desa Cerdas Mandiri Lestari binaan Yayasan Damandiri.

Desa dengan dua dusun, 9 RW dan 33 RT ini merupakan desa bersejarah. Sejak 1953, desa ini telah ditetapkan sebagai desa modern ketiga di dunia oleh UNESCO.

Namun, sayangnya saat ini dari 2.964 Kepala Keluaga, 29 persen atau 860 di antaranya masih berada di bawah garis kemiskinan. Karena itu, Yayasan Damandiri berupa membantu mengatasi persoalan kemiskinan dengan memberikan berbagai bantuan melalui program pemberdayaan Desa Cerdas Mandiri Lestari.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!