hut

Koperasi Solusi Tepat Atasi Kemandirian Pangan dan Energi

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Ketua Yayasan Damandiri, Subiakto Tjakrawerdaya, menyatakan, bahwa koperasi merupakan solusi paling tepat untuk mengatasi tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini, yakni persoalan kemandirian pangan dan energi. 

Karena itu, peringatan Hari Koperasi yang jatuh pada 12 Juli, harus menjadi momentum untuk membangun koperasi secara besar-besaran, khususnya di desa-desa. Sebab, di desa-desa itulah banyak terdapat potensi sumber daya pangan dan energi.

“Koperasi harus bisa menjawab tantangan itu. Karena menurut saya, koperasilah solusinya. Koperasi harus dibangun di desa-desa. Semua warga di desa harus jadi anggota koperasi. Dengan berkoperasi itu, produksi bisa meningkat dan persoalan kemiskinan bisa diatasi,” ujar Subiakto Tjakrawerdayam saat ditemui di sela acara Rapat Kerja Pengendalian Program Desa Cerdas Mandiri Lestari, di Yogyakarta, Rabu (10/7/2019).

Subiakto menilai, koperasi memiliki peranan sangat penting. Pasalnya, koperasi merupakan satu-satunya lembaga ekonomi yang bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat miskin. Sehingga dengan koperasi, akan terjadi peningkatan produktivitas dan efisiensi di tengah masyarakat.

“Dalam menghadapi tantangan ke depan, orang miskin harus bisa bekerja dalam kegiatan formal atau menjadi anggota organisasi. Dan, koperasilah lembaga yang paling tepat. Karena koperasi bisa meningkatkan produktivitas dan efisiensi, dengan bekerja sama secara efektif dan efisien,” ungkapnya.

Lihat juga...