hut

KPU Balikpapan Usulkan Honor PPS dan PPK Setara UMR

Editor: Koko Triarko

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha -Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, mengusulkan honor Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), setara standar Upah Minimum Regional (UMR) daerah. Usulan tersebut masuk dalam penyusunan anggaran Pilkada pada 2020 yang kini dalam tahap penyusunan.

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha, menjelaskan usulan kenaikan honor PPS dan PPK itu telah dikonsultasikan dengan sekretaris KPU, dengan melihat beban kerja petugas di lapangan.

“Selain masalah honor yang ditingkatkan, kami juga mengusulkan agar setiap anggota penyelenggara pemilihan dibekali asuransi yang sifatnya by incident dengan premi yang rendah,” jelasnya, Kamis (4/7/2019).

Asuransi yang diberikan itu juga dengan melihat insiden dengan premi yang rendah, sehingga tidak memberatkan.

Menurut Noor Thoha, saat ini KPU tengah mempersiapkan dan merumuskan anggaran yang dibutuhkan pada pelaksanaan kepala daerah (Pilkada) 2020. Nantinya, anggaran tersebut diusulkan ke Pemerintah Kota Balikpapan.

“Dalam undang-undang biaya, untuk penyelenggaraan ditanggung oleh APBD,” ulasnya.

Sedangkan besaran anggaran yang diusulkan oleh KPU sebesar Rp55 miliar. “Dalam pembahasan anggaran, KPU Balikpapan akan diundang oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah untuk mengkaji setiap usulan yang disampaikan oleh KPU,” tutupnya.

Lihat juga...