hut

KY Terus Berupaya Ciptakan Hakim Berintegritas

Editor: Koko Triarko

Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga, Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi -Foto: M Hajoran

JAKARTA – Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi, mengatakan, bahwa peranan Komisi Yudisial dalam mewujudkan hakim adil dan berintegritas merupakan yang utama. Hal itu dilakukan dalam seleksi calon hakim agung dan hakim ad hoc pada Mahkamah Agung (MA).

Sebagai lembaga negara mandiri yang hadir untuk menjalankan fungsi check and balances di bidang kekuasaan kehakiman, agar tidak terjadi penyalahgunaan kekuasaan. KY terus berusaha untuk menciptakan calon-calon hakim agung dan hakim ad hoc yang berintegritas dan bermoral.

“KY mengutamakan integritas dalam seleksi calon hakim agung dan hakim ad hoc pada Mahkamah Agung (MA). Integritas calon merupakan faktor tersulit, baik bagi calon maupun bagi KY sendiri,” kata Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga KY, Farid Wajdi, di Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Farid menegaskan, integritas telah menjadi standar bagi KY untuk memilih calon hakim agung terbaik. Meski begitu, Farid mengakui kekhawatiran bila ada hakim yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang akhir-akhir ini sangat marak terhadap hakim.

“Kalau ada hakim yang terkena OTT, bukan hanya lembaga peradilan saja yang nafasnya tersengal-sengal. Namun, hal itu juga terjadi pada kami ada rasa khawatir yang ditangkap itu produk usulan dari KY,” ujarnya.

Di samping itu, kata Farid, selain melakukan seleksi terhadap hakim agung dan hakim ad hoc, KY juga mengawasi terkait Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) yang menjadi objek pengawasan KY.

“Sebenarnya KY adalah bukan lembaga penegak hukum. Namun merupakan lembaga etik, yang artinya hanya melakukan pengawasan terhadap Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini KY sedang melakukan proses seleksi penerimaan calon hakim agung dan calon hakim ad hoc pada Mahkamah Agung (MA). Hingga saat ini, proses seleksi masih berjalan di KY untuk menghasilkan hakim agung dan hakim ad hoc yang berkualitas dan berintegritas.

Lihat juga...