hut

Latihan Angkasa Yudha Asah Kemampuan Tempur Prajurit TNI AU

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

MALANG — Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI AU, Yuyu Sutisna, S.E., M.M menyebutkan, latihan Angkasa Yudha merupakan refleksi hasil pembinaan yang telah dilakukan dari unsur intelejen, operasi, personel, logistil dan unsur lainnya yang menjadi kekuatan dan kemampuan TNI AU.

“Tujuan dari latihan ini adalah untuk menguji tingkat kesiapan operasional jajaran TNI AU mulai dari tingkat Kotama operasi sampai dengan dengan satuan setingkat pangkalan udara,” jelasnya melalui sambutan yang disampaikan oleh Komandan Lanud ABD Saleh, Marsma TNI AU, Hesly Paat, saat gelar pasukan latihan Angkasa Yudha di Lanud ABD Saleh, Senin (15/7/2019).

Gelar pasukan latihan Angkasa Yudha yang dipusatkan di Pangkalan Udara (Lanud) Iswahyudi, Madiun dan Lanud Abdulrachman Saleh, Malang tersebut merupakan akumulasi dari berbagai latihan dari TNI AU yang dilaksanakan secara bertahap.

Menurutnya, dinamika perubahan lingkungan strategis pada dimensi global maupun regional bergerak sangat cepat. Dinamika perkembangan tersebut tentunya mendatangkan konsekuensi logis yang menuntut peningkatan kewaspadaan.

“Oleh karenanya kita membutuhkan kekuatan militer yang memadai yang mampu untuk menangkal setiap ancaman dan gangguan yang datang. Kita membutuhkan kekuatan yang handal dan mumpuni, tidak hanya di atas kertas, tapi juga teruji di lapangan,” tandasnya.

Danlanud ABD Shaleh mengecek kesiapan pasukan. Foto: Agus Nurchaliq

Latihan tersebut juga bertujuan untuk menguji sekaligus ajang evaluasi guna menyempurnakan doktrin Swa Buana Paksa. Terdapat banyak perubahan yang signifikan terutama perubahan pola operasi tempur sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kekuatan dan mengembangkan kemampuan.

“Para peserta juga diharapkan tetap menempatkan isu keamanan dan keselamatan sebagai aspek pertimbangan utama dalam melaksanakan setiap kegiatan selama berlangsungnya latihan, termasuk keamanan material dan dokumen-dokumen latihan yang ada,” tambahnya.

Lebih lanjut disampaikan Marsma TNI, Hesly Paat, latihan telah diawali dengan geladi posko yang dilanjutkan dengan Wargaming yang dirangkai juga dengan latihan Mission Oriented Training, manuver lapangan dan Fire power demo.

“Seluruh kekuatan TNI AU dikerahkan dalam latihan kali ini. Sehingga diharapkan kemampuan personel maupun Alutsista yang ada di TNI AU akan meningkat dan semakin hebat,” pungkasnya.

Lihat juga...