hut

Lestarikan Tradisi, TMII Tampilkan Sanggar-sanggar Seni

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terus berupaya melestarikan seni budaya tradisi dengan memberikan kesempatan sanggar-sanggar seni untuk tampil di TMII.

Seperti pada Jumat malam (12/7/2019), Perkumpulan (Sanggar) Rumah Seni Azrul Depok, Jawa Barat tampil dalam pertunjukkan seni tradisi bertajuk ‘Mencencang Air’ di Sasono Langen Budoyo TMII, Jakarta.

Plt.Direktur Penelitian, Pengembangan dan Budaya TMII, Sigit Gunardjo pada pertunjukkan seni tradisi bertajuk ‘Mencencang Air’ di Sasono Langen Budoyo TMII, Jakarta,Jumat (12/7/2019) malam. -Foto: Sri Sugiarti

Plt. Direktur Penelitian, Pengembangan dan Budaya TMII, Sigit Gunardjo mengatakan, TMII rutin setiap bulan menggelar seni budaya tradisi yang menampilkan sanggar-sanggar dari seluruh Indonesia.

“Malam ini, adalah persembahan sanggar Rumah Seni Aznur Depok, Jawa Barat berkolaborasi dengan empat negara rumpun melayu dalam balutan seni tradisi bertajuk Mencencang Air. Pertunjukkan ini pemersatu antarbangsa,” kata Sigit dalam sambutannya.

Menurutnya, TMII bukan sekedar wahana wisata namun juga wahana edukasi dalam pelestarian, pengembangan, pengenalan, pelayanan bahkan informasi budaya bangsa Indonesia. Itu terus dengan kegiatannya khususnya dalam hal seni pertunjukkan tradisi. TMII tidak sendiri ada sanggar-sanggar yang turut melestarikan seni budaya bangsa.

“Kolaborasi empat negara Indonesia, Brunai Darussalam, Malaysia dan Singapura dalam pertunjukkan seni tradisi melayu ini pertama kali ditampilkan TMII. Ini sangat luar biasa dan harus terus dilestarikan,” tandasnya

Menurutnya, seni tradisi sangat perlu untuk terus ditingkatkan baik kuaitas dan kuantitas. Serta mengingatkan kembali generasi muda untuk cinta budaya tradisi, baik yang asli maupun yang sudah digarap dengan sentuhan kekinian.

“Berkarya dan inovasi sebagai kekayaan budaya bangsa. Hal ini bisa dijadikan salah satu sarana pendidikan karakter dan penguatan jati diri bangsa. Saya kira kita sangat ingin mencencang air tak putus persaudaraan,” pungkasnya.

Lihat juga...