hut

Lidah Mertua untuk Mengurai Polusi Udara di Jakarta

Tanaman Lidah Mertua yang akan dijadikan media untuk mengrangi polutan di Jakarta - Foto Ant

JAKARTA – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian DKI Jakarta, berencana menempatkan tanaman lidah mertua di kantor wali kota dan beberapa suku dinas.

Hal itu sebagai upaya mengurai polusi udara di ibu kota. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni, menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi dan kantor pemerintahan, mengenai rencana tersebut.

Tanaman tersebut akan diletakan di atap-atap perkantoran. Dan proyek Lidah Mertua sedang dalam masa sanggah. “Kemarin sudah ada proses lelang, dan saat ini sedang masuk masa sanggah. Mudah-mudahan akhir Juli sudah bisa mulai pelaksanaan di lapangan. Kantor kami akan jadi proyek percontohan awal, dan kami berharap kantor suku dinas dan wali kota juga menerapkan hal serupa,” kata Darjamuni.

Darjamuni menjelaskan, tanaman lidah mertua yang bernama latin Sansiviera, memiliki kemampuan sebagai anti-polutan. Hal itu diharapkan dapat membantu mengurangi polusi udara ibu kota. Tidak hanya gedung perkantoran pemerintahan, diharapkan proyek lidah mertua akan diterapkan di gedung-gedung perkantoran swasta di seluruh wilayah DKI Jakarta.

“Sekian banyak gedung di Jakarta, kalau bisa kita tempatkan lidah mertua kan, bisa membantu mengurangi polusi udara. Makanya kami melakukan lelang karena butuh banyak tanaman untuk ditempatkan di atap-atap gedung ibu kota,” tandasnya.

Ia tidak merinci berapa anggaran yang disiapkan untuk Proyek Lidah Mertua. Selain lidah mertua, Dinas KPKP DKI Jakarta juga merencanakan sistem tanam hidroponik di beberapa kantor instansi pemerintahan, dengan konsep taman dinding atau wall garden sebagai bagian dari gerakan penghijauan sekaligus menambah nilai estetika bangunan perkantoran. (Ant)

Lihat juga...