MA Luncurkan “e-Litigation” di HUT ke-74

Editor: Mahadeva

Sekretaris MA, Achmad Setyo Pudjoharsoyo saat memaparkan rangkaian acara HUT MA ke-74, kamis (25/7/2019) - Foto M Hajoran Pulungan

JAKARTA – Menjelang hari ulang tahun ke-74 Mahkamah Agung, lembaga tersebut meluncurkan aplikasi e-litigation. Aplikasi tersebut melengkapi sejumlah aplikasi yang telah diluncurkan sebelumnya seperti, e-filing, e-payment, dan e-summons.

Aplikasi e-litigation, ditargetkan rampung pada Agustus 2019 melalui perubahan Peraturan MA (Perma) No.3/2018, tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik (e-Court). “Aplikasi e-litigation di luncurkan pada Hari Ulang Tahun (HUT) MA ke-74, pada 19 Agustus 2019 mendatang. Sekaligus peluncuran theme song MA,” kata Sekretaris MA, Achmad Setyo Pudjoharsoyo, Kamis (25/7/2019).

Menurut  Pudjoharsoyo, suasana kebatinan peringatan HUT MA ke-74 kali ini tidak banyak berbeda dengan hari ulang tahun sebelumnya. Hanya saja, pada tahun ini dipastikan, seluruh satuan kerja pengadilan sudah siap untuk menerapkan aplikasi pengadilan elektronik (e-court).

“MA saat ini tengah mempersiapkan penguatan terhadap aplikasi e-court tersebut dengan memasukkan ketentuan-ketentuan beracara secara elektronik (e-Litigation) dan aplikasi yang akan dipergunakan. Kita berharap pengaturan dan aplikasi tersebut dapat diluncurkan pada momentum ulang tahun tersebut,” ungkapnya, Kamis (25/7/2019).

Atas dasar itu, tema peringatan HUT MA masih akan berkisar pada pemanfaatan teknologi informasi, dalam pelaksanaan tata kelola pengadilan. Temanya nanti sebutnya, akan ditetapkan Ketua Mahkamah Agung.

Selain akan meluncurkan peraturan dan aplikasi untuk beracara secara elektronik, momentum ulang tahun juga akan diisi dengan peluncuran theme song MA, yang dipandang perlu untuk membangkitkan semangat aparatur pengadilan dalam melaksanakan tugasnya. “Kita tahu selama ini MA dan pengadilan di bawahnya belum memiliki theme song, dan momentum di hari ulang tahun ke-74 ini MA akan mempunyai theme song,” ujarnya.

Theme song tersebut tengah dalam proses finalisasi oleh MA bersama musisi. Rencananya pada 19 Agustus 2019 akan diperdengarkan secara resmi, dan disebarluaskan kepada seluruh aparatur pengadilan. “Kita juga tengah mempersiapkan keputusan Ketua Mahkamah Agung yang menetapkan penggunaan theme song tersebut bersama dengan peraturan penggunaannya di acara-acara resmi MA dan badan-badan peradilan di bawahnya,” tandasnya.

Sebagamana diketahui, e-litigation ini bagian dari e-court yang merupakan aplikasi layanan administrasi perkara perdata, perdata agama, tata usaha militer, dan tata usaha negara yakni e-filing (pendaftaran perkara online), e-payment (pembayaran panjar biaya perkara online) dan e-summons (pemanggilan pihak secara online).

Nantinya, untuk sementara waktu, aplikasi e-litigation ini berupa pertukaran dokumen (document exchange). Misalnya, pertukaran atau pengiriman dokumen salinan gugatan, jawaban, replik, duplik, dan lain-lain secara elektronik. Awalnya, sejak diluncurkan aplikasi e-court ini masih diuji coba secara bertahap, terbatas di 32 pengadilan tingkat pertama seluruh Indonesia. (Ant)

Lihat juga...