hut

Masyarakat Perbatasan Dapatkan Layanan KB Gratis

Ilustrasi - Foto: Antara

PONTIANAK — Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalbar dan Kodam XII Tanjungpura menggelar bakti sosial berupa pelayanan pengobatan gratis, pembagian sembako dan malam hiburan pada masyarakat perbatasan, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

“Kami juga ikut melakukan pelayanan dan pemasangan alat kontrasepsi KB gratis bagi masyarakat perbatasan Indonesia-Malaysia di Desa Temaju, Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Kusmana di Sambas, Kamis (18/7/2019).

Ia menjelaskan, BKKBN Kalbar dalam kegiatan ini memberikan pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) secara gratis.

Kusmana menilai, tingginya kepesertaan masyarakat menggunakan KB di daerah perbatasan menandakan bahwa kesadaran masyarakat tentang perencanaan KB semakin membaik. Hal itu bisa dilihat sangat antusiasnya masyarakat mendatangi tempat pelayanan KB MKJP yang diselenggarakan tersebut.

Kusmana juga menyebutkan hingga saat ini pengetahuan masyarakat perbatasan khususnya di Paloh tentang penggunaan alat kontrasepsi KB MKJP cukup bagus.

“Hal itu dapat dibuktikan saat berdialog dengan beberapa masyarakat yang hadir dalam kegiatan bakti sosial yang digelar oleh Kodam XII/Tpr,” katanya.

Hal ini dikuatkan lagi oleh Kader Posyandu Balita Dusun Camar Bulan, Alisa. Ia mengatakan masyarakat Camar Bulan umumnya masyarakat kecamatan Paloh saat ini jauh lebih baik

“Bahkan, selain masyarakat sini, layanan kontrasepsi di Camar Bulan juga sering digunakan oleh warga Malaysia. Hal itu karena akses ke pelayanan KB di Sematan (Malaysia) sulit dijangkau, sehingga warga Malaysia yang ada di perbatasan itu sering memasang kontrasepsi ke Camar Bulan ini,” katanya.

Ia menambahkan, pengetahuan masyarakat sekitar tentang program Keluarga Berencana saat ini juga jauh lebih baik.

“Itu bisa dilihat dari menjaga jarak kelahiran yang dilakukan oleh warga setempat,” katanya.

Tingginya kesadaran masyarakat juga diakui oleh bidan Puskesmas Temajuk, Umi Nasuha yang mengatakan keikutsertaan masyarakat untuk ber-KB, di Dusun Camar Bulan sudah bagus. Hal itu diketahuinya saat melakukan program pendataan kesehatan masyarakat.

“Saya ditempatkan bertugas di sini sejak empat bulan lalu, sambil melakukan pemasangan alat kontrasepsi pada masyarakat, saya juga melakukan sosialisasi terkait penggunaan alat kontrasepsi. Hal itu bertujuan, agar pasangan keluarga di sini dapat merencanakan apa yang menjadi tanggung jawab mereka sebagai orang tua,” katanya. [Ant]

Lihat juga...