hut

Memancing Tidak Harus Mahal

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Olahraga memancing, identik dengan hobi yang membutuhkan uang banyak. Tetapi ternyata, hal itu tidak sepenuhnya benar.

Salah satu anggota Angler Pemburu Strike Indonesia (APSI), Mochamad Rusly, menyebut, dengan berkembangnya bisnis pancingan membuat para pemancing atau angler memiliki banyak pilihan. “Hobi ini mahal sih enggak, hanya tergantung gengsi saja,” kata Rusly, yang ditemui di acara kolaborasi APSI, Taman Buah Mekarsari dan Shimano, di Danau Taman Buah Mekarsari, Minggu (7/7/2019).

Peralatan utama untuk memancing adalah joran, reel, senar dan umpan. “Seperti joran. Ada yang harganya hanya Rp100 ribu, ada yang harganya tak terhingga. Perlengkapan lain juga begitu, bervariasi harganya. Contohnya, reel shimano antares yang hari ini dijadikan hadiah utama, harganya Rp9 juta,” papar Rusly.

Berbagai jenis umpan yang biasa dipergunakan untuk memancing ikan gabus  – Foto Ranny Supusepa

Yang utama sebenarnya, adalah bagaimana seseorang bisa menikmati kegiatan memancingnya. “Apalagi sekarang, bisnis memancing ini semakin terlihat prospeknya. Sehingga semakin banyak alat pancing yang bervariasi,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan Gigin, angler asal Komunitas Gatsu Pamulang, yang sudah suka memancing sejak kuliah. “Udah lama sih. Cuma dulu bukan casting. Cuma pancing biasa, yang pakai pelampung. Mancingnya juga di empang, kita nunggu kail disenggol,” ujarnya sambil tertawa.

Saat ini, Gigin memancing menggunakan Kenzi Sanrio kapasitas 12 kilogram. “Kapasitas disini maksudnya adalah berat yang diangkat. Tapi lebih dari itu, kalau nggak terlalu jauh bisa. Tergantung dari cara kita tarik ulurnya juga. Drag-lah intinya. Kalau peralatan cuma fasilitas,” jelas Gigin.

Gigin menegaskan mahal atau tidak memancing itu sepenuhnya bergantung pada individu angler. “Kalau nurutin tekel-nya (seperangkat joran, reel dan benang) yang mahal, ya jadi mahal. Kalau enggak, ya enggak. Kalau saya yang penting fun dan bisa saling tukar informasi,” pungkasnya.

Lihat juga...