MotoGP Dimaksimalkan untuk Promosi UMKM

Editor: Mahadeva

MATARAM – Perhelatan akbar MotoGP 2021, menjadi peluang potensial menggerakan ekonomi, khususnya masyarakat pelaku UMKM di Mataram.

Para pelaku UMKM dapat mempromosikan dan menjual berbagai produk yang dihasilkan dalam momentum tersebut. “Dari sisi ekonomi, ajang MotoGP menjadi keuntungan tersendiri bagi masyarakat pelaku UMKM, karena itu ajang tersebut harus benar – benar dimaksimalkan melakukan promosi dan penjualan berbagai produk UMKM dihasilkan” kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalu. Saswadi, Selasa (2/7/2019).

Mengingat, peserta yang hadir dalam ajang tersebut berasal dari berbagai negara, selain datang mengikuti ajang balap juga berwisata. Mereka menikmati keindahan alam, dan berbelanja berbagai produk khas Lombok sebagai oleh-oleh.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalu. Saswadi/ Foto : Turmuzi

Sebagai upaya nyata merealisasikan langkah tersebut, Diskop dan UMKM NTB bersama Dinas kabupaten dan kota, termasuk dengan pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola kawasan Mandalika.

Lokasi sirkuit MotoGP Lombok, telah melakukan koordinasi dan siap memfasilitasi pelaku UMKM, dengan menyiapkan lapak khusus di KEK Mandalika. “Berbagai produk UMKM andalan NTB juga akan ditampilkan seperti kain tenun, mutiara Lombok dan beberapa produk UMKM unggulan lain, termasuk produk olahan makanan dan kuliner,” jelasnya.

Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian dan instansi terkait, diminta untuk menggandeng ribuan pelaku usaha yang tersebar di Lombok dan Sumbawa, untuk memanfaatkan momentum tersebut.

Mengingat potensi yang dimiliki masing-masing pelaku usaha di tiap daerah, sangat beragam dan mempunyai ciri khas masing-masing. Dengan demikian, sentra usaha yang ada di kawasan itu bisa beragam.

Sebelumnya, Gubernur NTB, Zulkiflimansyah mengatakan, ajang MotoGP 2021, selain berdampak terhadap tingkat kunjungan wisatawan, juga berdampak positif bagi masyarakat pelaku UMKM. Karena itu, pelaku usaha perlu dipersiapkan sejak dini. baik terkait lokasi maupun kualitas produk yang hendak dipamerkan, agar benar-benar bisa menarik peserta untuk membeli.

Lihat juga...