hut

Nasib Ribuan Honorer Diperjuangkan Melalui Jalur P3K

Editor: Mahadeva

BEKASI – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui jalur honorer, terganjal keterbatasan anggaran. Hal itu menjawab penyelesaian nasib sekira 400 ribu-an guru honorer di daerah yang belum terngkat sebagai PNS.

Herman Khaeron, Wakil Ketua Komisi 2 DPR RI. – Foto M Amin

“Saya kira Komisi 2 DPR RI akan terus membuka celah untuk menyelesaikan persoalan honorer sampai tuntas. Salah satu caranya membuka peluang melalui jalur P3K,” ungkap Herman Khaerun, Wakil Ketua Komisi 2 DPR RI, Sabtu (13/7/2019).

Dari sisi objektivitas penerimaan CPNS, yang dilakukan secara komputerisasi memperlihatkan adanya perbaikan. Hal tersebut memberi rasa keadilan bagi masyarakat yang mengikuti seleksi.

Tahun ini, akan dibuka rekrutmen CPNS untuk 250 ribu orang secara nasional. Mekanisme penerimaan melalui formasi umum 100 ribu orang, dan 150 ribu orang melalui jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Herman memperkirakan, pembukaan akan dimulai Agustus nanti. Hal itu mempertimbangkan proses pembahasan anggaran.

Evaluasi terhadap perencanaan rekrutmen CPNS di daerah, juga dilakukan Komisi 2 DPR RI. Dalam hal tersebut, Komisi 2 mencoba mengeksplorasi masing-masing pemerintah daerah, terkait besaran kebutuhan, mekanisme dan cara penempatan. “Kajian juga dilakukan terkait pengaduan honorer yang sudah mengikuti seleksi P3K sebelumnya dan sudah lulus ditahapan prakualifikasi pengetahuan dasar tapi kemudian tahap selanjutnya tidak lolos. Padahal tahap selanjutnya dilebarkan lagi posisi penerimaannya,” tandas Herman.

Sebelumnya, Guru honorer menuntut hak-nya untuk diangkat sebagai pegawai negeri melalui P3K. Dan secara bertahap, sudah terselesaikan untuk guru honorer dan para penyuluh bidang pertanian. Saat ini masih memproses penyelesaian guru honorer yang jumlahnya mencapai 400 ribuan orang.

Proses penyelesaian harus dilakukan bertahap, karena terbentur dengan kemampuan anggaran. Honorer yang masih memenuhi syarat mendaftar ke jalur umum, diharapkan bisa ikut seleksi. Sementara jalur P3K, memberlakukan batasan usia yaitu satu tahun menjelang pensiun.

Lihat juga...