hut

Ngapak Bike Festival 2019, Upaya Menghapus Stigma Eksklusif HDCI  

Editor: Mahadeva

PURWOKERTO – Komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) selama ini terstigma sebagai kelompok eksklusif. Hal tersebut ingin dihapus oleh para penggemar motor gede tersebut di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.

Upaya yang dilakukan dengan menggelar Ngapak Bike Festival 2019, yang diisi dimanfaatkan untuk mengangkat potensi lokal di daerah tersebut. Ketua HDCI Banyumas Raya, Yon Haryono, mengatakan, berbagai kegiatan dilaksanakan dalam event tersebut. Mulai dari sunatan massal, pertunjukan kesenian Banyumasan, festival kopi, hingga tabligh akbar.

Semua kegiatan melibatkan komunitas bikers di luar HDCI, serta masyarakat Kabupaten Banyumas dan Purbalingga. “Ngapak Bike Festival ini terpusat di dua kabupaten, yaitu Banyumas dan Purbalingga. Untuk acara tabligh akbar serta pertunjukan kesenian dan berbagai macam hiburan untuk masyarakat, kita pusatkan di Alun-Alun Purwokerto. Sedangkan untuk sunatan massal dan festival kopi, digelar di Purbalingga,” terang Yon, Rabu (17/7/2019).

Panitia acara, Eko Refi Setiawan atau biasa disapa Wawan menjelaskan, ada semangat berbeda yang diusung oleh HDCI dalam kegiatan tersebut. Kegiatan melibatkan masyarakat secara langsung, mengutamakan kebersamaan, lebih bermakna dan bermanfaat, serta mengusung kegiatan religi.

Dalam festival kopi, HDCI akan mengajak ribuan bikers mengunjungi salah satu sentra kopi di Purbalingga. Acaranya, untuk mengenalkan cita rasa kopi tersebut. Peserta akan diajak mengikuti proses pembuatan kopi, mulai dari menanam pohon kopi, kemudian menyaksikan langsung proses pembuatan kopi hingga menikmatinya.

“Kita akan rolling thunder dari Banyumas menuju Purbalingga dan diikuti oleh sekitar 500 peserta. Di Purbalingga kita juga akan eksplore, mulai dari napak tilas tempat kelahiran Jenderal Soedirman sejauh 45 kilometer, kemudian ditutup dengan menikmati kopi dan makan siang,” jelasnya.

Dari hasil konfirmasi kehadiran dan booking hotel, diperkirakan akan ada 3.000 lebih anggota HDCI, serta pra bikers dari berbagai penjuru daerah yang akan datang ke Kota Purwokerto. Acara digelar 19 hingga 21 Juli 2019. Tak hanya dari dalam negeri, pecinta HDCI dari luar negeri juga ada yang sudah mengkonfirmasi akan hadir yaitu, dari Amerika Serikat, Brunai Darusalam, Saudi Arabia dan beberapa negara lainnya.

“Banyaknya anggota yang hadir ini, tentu akan membuat Kota Purwokerto menjadi padat. Karena itu, kami selaku panitia meminta maaf kepada seluruh masyarakat Banyumas, jika nantinya aktivitas kami sedikit mengganggu di jalan raya. Namun, tak bisa dipungkiri, bahwa event bergengsi ini akan mengangkat Banyumas di kancah nasional, bahkan internasional,” pungkas Yon.

Lihat juga...