hut

Padi Petani di Penajam Diserang Ulat Penggerek

PENAJAM –  Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Penajam Paser Utara, Bambang Marjuki, mengatakan, ulat penggerek batang mulai menyerang tanaman padi petani di wilayah setempat.

“Memasuki kemarau panjang, petani kami imbau waspada serangan hama dan penyakit pada tanaman padi,” kata Bambang Marjuki, ketika ditemui di Penajam, Kamis (18/7/2019).

Sejumlah lahan persawahan di wilayah Penajam Paser Utara, lanjutnya, mulai diserang hama penggerek batang yang dapat membuat tanaman padi rusak dan berpotensi gagal panen.

Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara, mendata hingga kini tanaman padi yang terserang hama penggerek batang berkisar dua hektare. “Rata-rata usia tanaman padi yang terserang ulat penggerek batang itu di atas satu bulan,” jelas Bambang Marjuki.

Serangan hama ulat penggerek batang di lahan persawahan tertinggi berada di wilayah pesisir pantai.

Selain faktor cuaca, menurut Bambang Marjuki, munculnya hama penggerek batang tersebut juga dipicu pola tanam petani yang masih menggunakan sistem tabur benih langsung atau Tabela.

Menjelang peralihan musim hujan ke musim kemarau, para petani jelasnya, agar selalu waspada terhadap serangan hama dan penyakit tanaman padi.

“Ketidaknormalan cuaca itu biasanya memicu gangguan berbagai organisme pada tanaman pangan dan hortikultura,” ucapnya.

Serangan hama ulat penggerek batang padi tersebut akan berdampak pada hasil panen petani. (Ant)

Lihat juga...