hut

Paket Khusus, Ajang Promosi Budaya Daerah di TMII

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terus berupaya melestarikan potensi daerah dalam balutan paket khusus kebudayaan.

Plh. Direktur Penelitian, Pengembangan dan Budaya TMII, Sigit Gunardjo, mengatakan, paket khusus anjungan daerah merupakan kegiatan yang mempromosikan potensi seni, budaya, dan pariwisata serta produk unggulan daerah baik untuk mancanegara maupun nasional.

“Jadi sifatnya adalah promosi karena anjungan itu kan show window daerah. Misalnya sebelum para turis datang, mereka bisa melihat dari pintu utamanya dulu, yaitu anjungan yang ada di TMII,” ujar Sigit kepada Cendana News saat ditemui di Anjungan Jawa Barat TMII, Jakarta, Sabtu (27/7/2019).

Kegiatan ini dihadiri duta besar negara sahabat dan ekspatriat serta investor. Sehingga acara ini menurutnya, juga bisa menjadi ajang promosi potensi daerah.

Tarian khas Jawa Barat memeriahkan pagelaran Benteng Jagat Pasundan di Anjungan Jawa Barat TMII, Jakarta, Sabtu (27/7/2019) malam. Foto: Sri Sugiarti

Jadi paket khusus potensi daerah ini sudah puluhan tahun terselenggara dan itu bukan hanya Jabar saja, tapi Jawa Tengah, Jawa Timut, Sumatera dan lainnya.

“Jadi anjungan dimanfaatkan oleh daerah untuk kepentingan promosi pariwisata,” ujarnya.

TMII akan terus memfasilitasi, karena ini menurutnya, memang bentuk sinergi yang dibangun sejak lama dalam upaya melestarikan dan mengembangkan seni budaya bangsa.

Dan juga memperkenalkan ragam produk unggulan daerah kepada masyarakat, turis mancanegara dan investor yang menghadiri gelaran paket khusus dari setiap anjungan.

Lihat juga...