hut

Pasar Hewan Petambakan Butuh Perluasan

Editor: Mahadeva

BANJARNEGARA – Menjelang Iduladha, aktivitas perdagangan hewan kambing dan sapi di Pasar Hewan Petambakan, di Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara meningkat. Dampaknya, pasar tidak mampu menampung ternak yang berdatangan.

Pasar perlu perluasan, serta penataan ulang, supaya bisa mengakomodir keberadaan para pedagang yang datang. Penataan harus dilakukan mulai dari area parkir, tempat penambatan hewan, pengelolaan limbah hingga musala dan toilet pasar.

“Saat ramai seperti sekarang ini, menjelang Iduladha, antrean kendaraan yang mengangkut hewan ternak sampai ke jalan dan mengganggu lalu lintas, menimbulkan kemacetan. Karena itu harus segera dilakukan penataan dan perluasan secara menyeluruh,” kata Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, saat menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak), Senin (29/7/2019).

Saat memasuki area di dalam pasar, Budhi mendapati area pasar penuh sesak. Suasana jual-beli menjadi terlihat kurang nyaman dan leluasa. Bupati juga menyayangkan, keberadaan unit pengelola limbah yang tidak berjalan lancar. “Ini harus dikeruk lagi dan segera dimanfaatkan, karena pengelolaan limbah penting sekali untuk kesehatan lingkungan,” tandas Budhi sambil menunjuk tempat pengelolaan limbah.

Usai berkeliling, Budhi Sarwono mengatakan, pasar merupakan simpul ekonomi rakyat. Mayoritas rakyat menggantungkan hidupnya dari pasar. Sehingga seharusnya, pusat ekonomi rakyat tersebut menjadi tempat dengan fasilitas yang layak. “Kontes kambing yang diselenggarakan rutin sudah bagus. Itu salah satu bukti peran serta masyarakat bersama pemerintah memikul tanggung jawab mewujudkan upaya peningkatan populasi dan produksi ternak. Kita ingin event yang lebih besar kalau tempatnya sudah bagus,” tandas Budhi lebih lanjut.

Petugas di loket Pasar Hewan Petambakan, Edi Sunarna, mengatakan, luas pasar hewan sekira 1,5 hektare. Pasar memiliki daya tampung lebih dari 500 ekor untuk sapi. Namun, untuk hari pasaran menjelang Iduladha seperti sekarang ini, sapi datang mencapai lebih dari 700 ekor. “Hari pasaran di sini setiap hari Senin, Selasa dan Jumat, jumlah hewan pasti melonjak melebih daya tampung pasar,” tuturnya.

Pasar Hewan Petambakan, tidak hanya dipenuhi pedagang dari Banjarnegara. Banyak pedagang yang datang dari kabupaten lain, seperti Wonosobo, Purworejo, Semarang, Boyolali, dan Ungaran.

Lihat juga...