hut

Pasca-Dilantik, Kades di Banyumas Diminta Susun RPJMDes

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Sebanyak 257 kepala desa (kades) terpilih yang baru saja dilantik pada Rabu (31/7/2019) sore, diminta  menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Hal ini penting agar perencanaan pembangunan di desa bisa berjalan efektif.

Pesan tersebut disampaikan Bupati Banyumas, Achmad Husein, saat melantik 257 kades terpilih di Gedung Sasana Krida GOR Satria, Purwokerto. Para kades diberi waktu maksimal tiga bulan sejak dilantik untuk menyusun RPJMDes.

Bupati Banyumas, Achmad Husein pada pelantikan kades, Rabu (31/7/2019). Foto: Hermiana E. Effendi

“RPJM Desa ini sangat penting untuk menentukan arah pembangunan desa ke depan, sekaligus sebagai alat kontrol dari masyarakat terhadap kinerja kades terpilih. Sehingga harus segera disusun dan menjadi tugas pertama kades terpilih,” kata Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Achmad Husein juga menitipkan masalah sampah, supaya mendapat perhatian serius dari para kades.

Sebab, tak hanya wilayah perkotaan, desa-desa juga ikut menyumbang sampah cukup besar. Kades diminta untuk memperlajari penanganan sampah yang sudah diterapkan di Banyumas dan melakukan inovasi untuk penuntasan masalah sampah di desa masing-masing.

“Saya ucapkan selamat kepada kades terpilih, kegembiraan perayaan boleh saja, tetapi tugas dan tanggung jawab besar sudah menanti di depan,” pesan Husein.

Bupati juga berpesan, agar para kades terpilih  merangkul para calon kades lainnya, demi menjaga kondusivitas desa. Terlebih jika mereka juga mempunyai program dan pemikiran yang brilian, maka bisa bersinergi untuk bersama-sama membangun desa.

Pelantikan ratusan kades ini ditandai dengan pengambilan sumpah bersama, penandatanganan berita acara, penyematan tanda jabatan dan penyerahan SK jabatan, satu per satu kepada kades.

Dari 257 kades terpilih, 18 di antaranya merupakan kades perempuan. Sedangkan untuk kades termuda, yaitu Kades Jingkang, Kecamatan Ajibarang, Edi Riyanto berusia 26 tahun. Sedangkan kades tertua, Adis Hadi Suwignyo berusia 75 tahun dan merupakan Kades Notog, Kecamatan Patikraja.

 

Lihat juga...