hut

Pemerintah Diajak Promosikan Arwana Super Red ke Mata Dunia

Ikan arwana - Foto: Istimewa

PUTUSSIBAU – Kontes Arwana Super Red yang digelar di Kapuas Hulu menjadi ajang promosi potensi ikan arwana ke mata dunia. Arwana Super Red, merupakan salah satu maskot Kalimantan Barat di mata dunia.

“Kegiatan kontes atau pameran arwana itu sangat positif dan memiliki nilai strategis untuk mempromosikan ikan arwana ke mata dunia,” ujar Ketua Asosiasi Pengusaha dan Pedagang Siluk (APPS) Indonesia, Walujan Tjhin, saat meninjau persiapan kontes arwana super red di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Sabtu (6/7/2019).

APPS Indonesia sudah beberapa kali menggelar pameran sebagai ajang promosi di luar negeri. Namun, dari hasil evaluasi yang dilakukan, tetap memerlukan peranan pemerintah, dalam upaya mempromosikan arwana super red Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

Untuk mempromosikan potensi ikan arwana, perlu sering-sering digelar kontes atau pameran, dalam berbagai event baik di tingkat nasional mau-pun Internasional. “Saya melihat perkembangan penangkaran budidaya ikan arwana di Kapuas Hulu dan secara umum di Indonesia cukup berkembang pesat dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Diharapkan, ada terobosan-terobosan baru dari pemerintah setempat, khususnya dinas perikanan, selain juga melakukan pembinaan kepada pembudidaya dan peternak pakan ikan Arwana.

Disampaikan Walujan, kehadiran penangkaran budi daya ikan arwana, membantu pemerintah membuka lapangan pekerjaan. Mulai dari pembudidaya, hingga pencari pakan ikan, akan bermunculan. “Ke depan itu, bagaimana caranya dinas terkait memberikan pembinaan, agar muncul peternak pakan ikan, karena semakin hari pakan ikan arwana semakin berkurang, dan itu peluang untuk lapangan pekerjaan ditengah sulitnya ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Lihat juga...