hut

Pemkot Pontianak Siap Perbanyak Fasilitas Publik bagi Lansia

PONTIANAK – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat siap membangun berbagai fasilitas publik layak atau untuk warga lanjut usia di kota itu.

“Kami akan akan menciptakan ruang-ruang publik yang bisa menunjang kegiatan atau aktivitas para Lansia. Misalnya membangun akses-akses atau fasilitas publik yang memenuhi standar bagi lansia di mana mereka bisa menikmati atau memanfaatkan fasilitas publik yang ada,” kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, saat membuka Peringatan Hari Lansia Nasional ke-23 di Pontianak, Sabtu.

Fasilitas publik tersebut, seperti taman-taman kota, tempat-tempat rekreasi keluarga termasuk RTH (Ruang Terbuka Hijau) yang bisa dinikmati oleh para Lansia yang ada di Kota Pontianak.

Edi menambahkan, pihaknya juga akan memperbanyak pembangunan trotoar-trotoar humanis yang bisa dinikmati oleh seluruh warga terutama Lansia yang usianya di atas 60 tahun. Para Lansia nantinya akan merasakan kota yang sejuk, teduh dan indah.

“Termasuk sarana-sarana rekreasi RTH, yang tidak hanya layak anak saja, tetapi juga layak Lansia. Jadi para Lansia bisa melakukan kegiatan olah tubuh, karena kalau badan kita sehat, Insyaallah kualitas hidup juga akan meningkat,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada jajaran Dinas Kesehatan, rumah sakit dan puskesmas serta posyandu Lansia juga, agar lebih memperhatikan para warga Lansia dengan membuat berbagai program kegiatan.

“Semakin banyak kegiatan bagi Lansia, semakin banyak pula ruang bagi mereka untuk beraktivitas. Yang paling penting bagaimana para Lansia bisa mengukur kesehatannya karena yang tahu dalam kondisi sehat, sakit, kuat dan lemah, itu adalah diri kita sendiri, yang tentunya juga didukung pengecekan kesehatan,” kata Edi.

Menurut dia, usia produktif di Indonesia yang telah ditetapkan pemerintah adalah usia 18 hingga 55 tahun. Namun demikian, tidak sedikit warga lanjut usia yang usianya di atas 70 tahun yang masih produktif.

“Rata-rata usia harapan hidup warga Pontianak kisaran 72,4 tahun. Untuk meningkatkan usia harapan hidup, Pemkot Pontianak mempunyai beberapa program bagi para Lansia. Selain akan memperbanyak posyandu Lansia di berbagai pelosok Kota Pontianak,” kata Wali Kota Pontianak. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!