hut

Persiapan PON XX 2020 di Papua Sudah 70 Persen

TIMIKA — Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal mengungkapkan kesiapan Provinsi Papua sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON XX tahun 2020 kini sudah sekitar 70 persen.

“Secara keseluruhan kita sudah siap. Kami berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang serius membantu dalam pembangunan venue-venue sehingga pada saatnya nanti dari lima klaster dan tiga pendukung di delapan kabupaten bisa siap 100 persen,” kata Klemen di Timika, Minggu (14/7/2019).

Secara khusus Klemen memuji kesiapan Kabupaten Mimika selaku salah satu klaster penyelenggara PON Papua.

Menurut mantan Bupati Mimika dua periode itu, di luar Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika sebagai klaster yang paling siap menyelenggarakan pesta olahraga se-Tanah Air yang akan diikuti oleh 34 provinsi itu.

“Di Timika, lapangan golf Kuala Kencana (Klub Golf Rimba Irian) sudah siap 18 hole berstandar internasional. Demikian pun cabor lain yang nantinya dipertandingkan di Timika, sudah siap semua venuenya. Yang belum selesai akan kita lanjutkan tahun ini karena Pemprov didukung Pusat berkomitmen penuh bahwa semua sumber daya dan dana yang ada sekitar 80-90 persen akan difokuskan untuk suksesnya PON 2020,” jelas Klemen.

Wakil Ketua KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno selaku Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasra) PON XX Papua saat meninjau kesiapan sejumlah venue di Timika belum lama ini mengatakan bahwa penyelenggaraan PON 2020 di Papua atas keinginan masyarakat Papua sebagaimana disampaikan oleh Gubernur Papua Lukas Enembe.

“Harapannya seluruh masyarakat Papua memberikan dukungan yang sebesar-besarnya untuk menyukseskan PON yang akan dilakukan di Papua tahun depan,” ujar Suwarno.

Sesuai pembicaraan dengan PB PON Papua, katanya, untuk penyiapan venue harus dituntaskan hingga Juli 2020.

“Saat ini ada empat venue yang sedang dikerjakan di Kabupaten Jayapura dari sumber dana APBN yaitu kolam renang, senam, kriket dan hoki. Nanti akan menyusul tujuh venue lagi yang akan dibantu oleh APBN namun tidak terlalu berat seperti empat venue yang sementara dikerjakan,” jelasnya.

Khusus di Mimika, Suwarno meminta Pemkab setempat segera membangun venue panjat tebing dan perbaikan Stadion Sepak Bola Wania Imipi SP1 yang akan digunakan untuk menggelar pertandingan babak penyisihan sepakbola PON 2020.

PON XX akan dilaksanakan pada 20 Oktober hingga 2 November 2020.

Jumlah keseluruhan cabor yang akan dipertandingkan pada PON XX di Provinsi Papua sebanyak 47 cabor dengan prediksi jumlah atlet yang akan bertanding sebanyak 7.338 orang ditambah 50 persennya oficial.

Di Timika terdapat sembilan cabang olahraga yang akan dipertandingkan meliputi golf, atletik, bola tangan, judo, futsal, panjat tebing, tenis meja dan yang masih harus dikoordinasikan kembali antara Gubernur Papua selaku Ketua PB PN XX dengan Bupati Mimika yaitu cabor biliar dengan jumlah atlet sebanyak 1.297 orang ditambah ofisial sekitar 500-an orang belum termasuk cabang olahraga biliar. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!