hut

Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM Pesawat Pengangkut JCH

Editor: Koko Triarko

BALIKAPAPAN – PT. Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan, meningkatka kuota pasokan bahan bakar untuk pesawat pengangkut jemaah calon haji (JCH) Indonesia, 10 persen lebih tinggi dari tahun lalu.

“Kami memastikan, pasokan bahan bakar bagi pesawat pengangkut jemaah haji tersedia tepat waktu, sehingga jemaah dapat melaksanakan ibadah dengan lancar dan nyaman,” kata Heppy Wulansari,  Region Communication and CSR Kalimantan, Selasa (9/7/2019).

Heppy mengatan, sebagai bentuk keseriusan Pertamina mendukung kelancaran ibadah haji adalah dengan meningkatkan kuota bahan bakar. Tahun ini, Pertamina memasok avtur untuk penerbangan haji sebanyak 1.915 Kiloliter (ton), meningkat 10 persen dari tahun lalu.

Region Communication & CSR Kalimantan, Heppy Wulansari, -Foto: Ferry Cahyanti

“Penyiapan avtur tahun ini lebih banyak, meski jadwal penerbangan tidak berubah. Hal ini sekali lagi untuk mengantisipasi agar tidak ada kendala selama perjalanan ibadah haji,” jelas Heppy.

Untuk wilayah Kalimantan, penerbangan haji menggunakan Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Kota Balikpapan, Kalimantan Timur dan Bandar Udara Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Sementara bandar udara baru di Samarinda, Bandara APT Pranoto, belum digunakan sebagai embarkasi haji.

Karena itu, sarana dan fasilitas dari Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Sepinggan, dioptimalkan untuk mendukung kelancaran operasional. Sebanyak 7 refueller, 3 storage tank berkapasitas 500 KL, dan puluhan pekerja akan siaga 24 jam.

Penyaluran bahan bakar pesawat dilakukan dalam dua fase. Pada fase keberangkatan yang berlangsung pada 20 Juli 2019 hingga 4 Agustus 2019, konsumsi avtur diprediksi sebanyak 487 KL.  Sedangkan untuk fase kepulangan pada 30 Agustus 2019 hingga 15 September 2019, diprediksi mencapai 1.430 KL.

Sampai saat ini, maskapai yang digunakan untuk mengantar jemaah haji asal Indonesia adalah Garuda Airlines. Maskapai itu akan mengantarkan calon jemaah haji Indonesia menuju Madinah dan Jeddah, melaui Minangkabau dan Soekarno Hatta.

Lihat juga...