hut

Petugas Kewalahan Padamkan Karhutla Puluhan Hektare

Editor: Mahadeva

PALEMBANG – Petugas gabungan kesulitan memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang melanda Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), serta Kabupaten Ogan Ilir, Minggu (14/7/2019).

Tercatat, lahan yang terbakar mencapai 23 hektare (Ha). Luasnya lahan yang terbakar membuat petugas kesulitan mendapatkan selang panjang untuk mengalirkan air.

Ansori, Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel – Foto Muhammad Chandra

Ansori, Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel menjelaskan, kebakaran melanda kawasan yang terletak dipinggir jalan kebun sawit PT. Golden Blossom Sumatera (GBS). Luas Lahan yang terbakar di daerah tersebut mencapai 20 Ha.

Sementara kebakaran di Desa Suak Batok, Kecamatan Indralaya Utara mencapai 1 Ha lebih. Di Desa Muara Baru, Kecamatan Pemulutan mencapai 2,5 Ha. “Tim masih bekerja ekstra di lapangan untuk memadamkan api, namun pihaknya memastikan api sudah mulai bisa dikendalikan,” tandasnya, Minggu (14/7/2019).

Alat yang dikerahkan untuk pemadaman adalah empat Buah Mesin Pompa Air Besar dan dua Pompa Kecil. “Alat pompa dari BPBD serta PT GBS,” imbuhnya.

Di wilayah Pali, ada 15 Prajurit TNI dibantu 16 Petugas BPBD Sumsel serta 20 orang dari PT GBS, bekerja memadamkan api. “Ini harus kerja bersama, agar kebakaran tidak semakin meluas,” tandasnya.

Dari catatan Anshori, hingga Minggu siang api di beberapa titik telah berhasil dipadamkan. “Meski api sudah berhasil dikendalikan, petugas masih berjaga dilokasi agar kebakaran tidak kembali terjadi,” tambahnya.

Lihat juga...