hut

Pilkades Serentak di Banyumas Rawan Konflik

Editor: Koko Triarko

PURWOKERTO – Mendekati pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Bupati Banyumas, Achmad Husein meminta agar semua permasalahan seputar pilkades yang mungkin muncul, untuk diantisipasi sedini mungkin. Hal ini mengingat banyaknya desa yang melaksanakan pilkades serta banyaknya calon kades yang bertanding, sehingga sangat rawan konflik.

“Saya banyak mendapat masukan atau pun keluhan yang mengadukan permasalahan seputar pilkades, dengan calon ratusan ini, memang sangat rawan gesekan, baik antarpendukung maupun antarcalon sendiri. Karena itu, semua permasalahan harus diantisipasi dengan cepat,” kata Husein, usai rapat  persiapan pilkades serentak, Selasa (16/7/2019).

Lebih lanjut Husein mengatakan, pengaduan yang banyak diterimanya, antara lain seputar tudingan kepada panitia pilkades yang dinilai tidak netral, kemudian tentang petahana yang menggunakan fasilitas negara untuk berkampanye dan lain-lain.

Menurutnya, semua itu menunjukkan kepedulian masyarakat terhadap pelaksanaan pilkades. Namun, di sisi lain juga bisa dianggap sebagai potensi konflik.

Dalam pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada 23 Juli mendatang, ada 257 desa yang melaksanakan pilkades, dengan total jumlah calon kepala desa 785 orang. Sehingga akan ada 785 tim sukses calon kades yang dibentuk, dan bisa dibayangkan potensi konflik yang mungkin bermunculan.

“Saya percaya, para camat di-back up Kapolsek dan Danramil setempat, akan mampu menjaga kondusivitas keadaan, mulai dari menjelang, pelaksanaan hingga pascapilkades. Namun, sikap waspada harus tetap dikedepankan dan jangan lengah,” tegas Bupati.

Dari pengalaman sebelumnya, lanjutnya, dalam setiap pelaksanaan pemilihan kepala desa, selalu timbul berbagai masalah, mulai dari saat pendaftaran dan seleksi calon hingga pascapelaksanaan.

Pihak panitia maupun petugas keamanan, hendaknya mampu mengatasi masalah dengan cepat, untuk meminimalisir timbulnya perselisihan di antara calon maupun pendukung.

Dengan sinergitas antarberbagai pihak, Bupati berharap tahapan pilkades berjalan sesuai rencana yang sudah ditetapkan. Dan, untuk pelantikan serentak kades terpilih, dijadwalkan dilaksanakan pada akhir Juli ini. Mengingat  banyaknya kades terpilih yang akan dilantik, maka pelaksanaan pelantikan digelar di GOR Satria.

Sementara itu, Dandim 0701/Banyumas, Letkol Infantri Candra, menyatakan, pihaknya bersama Polres Banyumas siap untuk melakukan pengamanan proses pilkades serentak di Banyumas.

Dandim juga mengintruksikan kepada para Danramil untuk terus memantau perkembangan di lapangan, terutama pada masa kampanye seperti sekarang ini.

“Masa yang paling rawan dimulai dari masa kampanye dan para Danramil di wilayahnya ada gelaran pilkades, harus turun memantau perkembangan situasi sertiap hari,” tuturnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!