hut

Pisang Keju Haji Kadap, Jajanan yang Membius Warga Balikpapan

Editor: Mahadeva

Penjual pisang Haji Kadap dan Pisang keju coklat – Foto Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Pisang merupakan buah yang digemari masyarakat Indonesia. Aneka olahan berbahan pisang, tersebar di seantero penjuru tanah air.

Hampir di setiap daerah, punya cara tersendiri untuk mengolah buah bertandan tersebut. Di Sulawesi Selatan, masyarakat setempat menyajikannya untuk campuran es. Es pisang ijo, es palu butung, yang cukup banyak penggemarnya.

Sedangkan masyarakat di Balikpapan, Kalimantan Timur punya cara sendiri untuk mengolah pisang. Pisang goreng kebanyakan dijual dengan bumbu sambal kacang. Warga lokal menyebutnya sebagai, Sanggar.

Namun akhir-akhir ini, warga Balikpapan sedang  terbius oleh pisang goreng jenis baru. Pisang keju Haji Kadap namanya. Untuk mendapatkan pisang ini, warga harus rela mengantre. Pisang Goreng Haji Kadap bukan pisang goreng sembarangan. Pisang goreng tersebut dijual dengan tujuh varian rasa.

Pisang Keju Haji Kadap – Foto Ferry Cahyanti

Ada pisang rasa keju cokelat, pisang keju susu, pisang keju mangga, pisang keju nanas, pisang keju strawberry, pisang keju bueberry dan pisang keju mangga. Yang membedakan pisang Haji Kadap dengan pisang goreng lainnya tak cuma varian rasa. Tetapi juga bentuk pisang gorengnya.

Pisang goreng Haji Kadap dipotong kecil-kecil, kemudian dilumuri tepung terigu dan digoreng. Setelah ditiriskan dalam keadaan panas, kemudian ditaburi aneka rasa yang dipilih pembeli. “Di sini, topping keju yang diberikan sangat banyak. Beda dengan yang lain,” kata seorang pembeli, Jati, Sabtu (6/7/2019).

Topping atau taburan keju dan coklat yang lebih banyak, inilah yang menjadi magnet masyarakat untuk membeli. Meskipun harga pisang keju tersebut dijual tidak lebih murah daripada pisang goreng lainnya, namun kehadiran jajanan ini disukai masyarakat.

Pisang goreng Haji Kadap dijual Rp10 ribu hingga Rp15 ribu. Saat ini Pisang Keju Haji Kadap banyak bertebaran di Balikpapan. Menurut salah seorang pekerja Siti, usaha ini awalnya dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Lihat juga...