PMI Bantu Air Bersih Daerah Terdampak Hepatitis A

PMI mendistribusikan air bersih di wilayah terdampak wabah Hepatitis A di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur - foto Ant

PACITAN – Palang Merah Indonesia (PMI) menyalurkan bantuan air bersih ke daerah-daerah yang selama musim kemarau ini mengalami kekeringan. Termasuk tujuh kecamatan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, yang sedang menghadapi wabah Hepatitis A.

“Saat ini PMI sudah memobilisasi relawan untuk mendistribusikan air bersih ke beberapa wilayah yang terdampak, yang mengalami krisis air bersih, salah satunya di wilayah yang menjadi (tempat) wabah Hepatitis A,” kata Staf Markas PMI Kabupaten Pacitan, Sujarno.

Penyaluran bantuan air bersih dilakukan di Desa Sukorejo dan Pagerkidul, Kecamatan Sudimoro. “Air bersih kami distribusikan menggunakan satu unit mobil tanki, dengan kapasitas lima ribu liter bekerja sama dengan PDAM,” kata Sujarno.

Penyaluran bantuan air bersih ditujukan untuk membantu mengatasi kejadian luar biasa penyakit Hepatitis A. Virus penyakit itu bisa menular dengan cepat melalui makanan atau minuman, yang terkontaminasi.

Risiko infeksinya berkaitan dengan kurangnya air bersih serta sanitasi dan higiene yang buruk. Selain memberikan bantuan air bersih, PMI juga memberikan penyuluhan kesehatan kepada warga yang sedang menghadapi kejadian luar biasa Hepatitis A. Warga diajak meningkatkan pemahaman dan kesadaran mengenai perilaku hidup bersih dan sehat.

Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat, Arifin M Hadi, mengatakan, PMI sudah mengirimkan armada tanki air bersih ke seluruh wilayah yang berpotensi mengalami kekeringan di wilayah Indonesia. Hal itu, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana kekeringan. “Hingga saat ini PMI di seluruh Indonesia sudah bergerak dan terus mendistribusikan air bersih ke wilayah terdampak kekeringan. Mengingat air bersih merupakan kebutuhan utama yang sangat dibutuhkan saat ini,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...