hut

Program Lantainisasi Yayasan Damandiri Entaskan 170 Rumah di Argomulyo

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Yayasan Damandiri, melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, terbukti mampu menyelesaikan berbagai persoalan di Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Salah satunya adalah persoalan di bidang kesehatan dan lingkungan.

Lewat program lantainisasi yang dilakukan sejak awal tahun 2019 lalu, Yayasan Damandiri melalui KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, telah mampu memperbaiki kondisi lingkungan rumah-rumah warga desa Argomulyo menjadi lebih sehat, bersih dan tertata. Khususnya rumah mereka yang berstatus warga miskin atau kurang mampu.

Manajer Umum KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Gatot Nugroho, menjelaskan soal program lantainisasi, Rabu (31/7/2019) – Foto: Jatmika H Kusmargana

Manajer Umum KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Gatot Nugroho, menyebut sejak awal tahun 2019 lalu, pihaknya telah memberikan bantuan lantainisasi pada sebanyak 137 rumah warga miskin atau kurang mampu.

Bantuan lantainisasi itu diberikan dalam dua tahap yakni tahap pertama bulan Februari sebanyak 79 penerima dan tahap 2 bulan April sebanyak 58 penerima.

Pada bulan Juli ini, KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo kembali menyalurkan bantuan program lantainisasi tahap 3 dari Yayasan Damandiri dengan jumlah penerima manfaat mencapai 33 rumah/keluarga. Sehingga total bantuan lantainisasi yang diberikan secara keseluruhan mencapai 170 rumah.

“Saat ini kita sedang memproses penyaluran bantuan lantainisasi tahap 3. Yakni dengan jumlah penerima sebanyak 33 keluarga,” katanya, Rabu (31/7/2019).

Bantuan lantainisasi senilai Rp1,5 juta per rumah/keluarga tersebut, diberikan khusus bagi warga miskin/kurang mampu yang lantai rumahnya masih kurang layak seperti misalnya berupa tanah.

Bantuan diberikan dalam bentuk barang berupa pasir semen dan tenaga tukang. Diharapkan akan mampu meningkatkan kondisi lingkungan rumah warga agar lebih bersih, sehat dan tertata.

“Bantuan lantainisasi ini kita salurkan secara merata ke 14 dusun yang ada di Desa Cerdas Mandiri Lestari Argomulyo. Prioritasnya warga yang lantai rumahnya masih berupa tanah,” ungkapnya.

Dengan adanya program lantainisasi ini, kini jumlah rumah warga miskin yang dikategorikan kurang layak seperti misalnya masih berlantai tanah di Desa Argomulyo, telah berkurang drastis.

Bahkan bisa dikatakan telah tuntas seluruhnya. Hal ini tentu akan berdampak pada penurunan jumlah angka kemiskinan di Desa Argomulyo di masa mendatang.

“Kita harapkan, program-program pemberdayaan yang dilakukan Yayasan Damandiri ini dapat terus berlanjut. Sehingga nantinya akan mampu mengentaskan kemiskinan seluruh warga desa,” pungkasnya.

Lihat juga...