Putaran Pertama Liga 2, Persiba Targetkan Posisi Empat Klasemen

Editor: Mahadeva

BALIKPAPAN – Persiba Balikpapan, kini hanya mamasang target bisa menyelesaikan putaran pertama liga 2 Indonesia di posisi keempat kelasemen.

Target tersebut dimunculkan, setelah sebelumnya tidak berhasil meraih hasil maksimal dan memecat pelatih. Hal itu diambil, akibat hasil minus di laga kandang. Kini, manajemen Persiba Balikpapan berharap dukungan suporter agar tetap bisa “bernapas” di Liga 2 Indonesia.

Ketua Umum Persiba Balikpapan Gede Widiade, Selasa (23/7/2019) – Foto Ferry Cahyanti

Dalam enam kali laga yang sudah dilakoni, tim yang dimiliki baron klub sepakbola, Gede Widiade itu, hanya mengumpulkan tujuh poin. Hasil dari dua kali menang, satu kali seri dan tuga kalah. Persiba kini berada di urutan enam papan klasemen Wilayah Timur. Mereka berada setingkat di atas Persis Solo, Mitra Kukar, PSBS Biak, dan Madura FC. Namun tim-tim tersebut masih memiliki sisa pertandingan lebih banyak.

Posisinya masih mungkin bergeser, jika Mitra Kukar bisa mengalahkan Persik Kediri dalam pertandingan yang akan digelar, Rabu (24/7/2019) besok. “Kami masih optimis bisa menembus empat besar Wilayah Timur pada putaran pertama. Pemain kami punya skil yang bagus-bagus,” kata Gede Widiade, Selasa (23/7/2019).

Diharapkan, supporter dan masyarakat Kota Balikpapan tetap memberikan dukungan optmial dan tidak surut setelah Beni Oktovianto dan kawan-kawan kalah di laga kandang. “Saat ini dukungan suporter yang utama kami harapkan. Kami tak boleh pesimis. Kompetisi masih berjalan, segala kemungkinan bisa terjadi,” kata sang ketua umum yang merupakan bekas bos Persija Jakarta itu.

Gede menyebut, sejak awal kompetisi manajemen dan pemain bertekad lolos babak delapan besar du akhir kompetisi liga 2. “Karena itu kami harus finis minimal di posisi empat. Pemain dan manajemen sama-sama punya tekad, empat besar wajib. Ini belum berakhir,” tandasnya.

Pada empat laga tersisa, Persiba akan menjalani pertandingan yang cukup berat. Tim Beruang Madu harus melakoni tiga laga tandang dan satu laga kandang.  Di laga tandang tersisa, mereka akan menghadapi PSBS Biak, Martapura FC dan Madura FC. Sedangkan satu laga kandang menjamu tim kuat Mitra Kukar FC.

Pada laga terakhir di kandang melawan Persik Kediri, Persiba menelan hasil pahit. Dua gol tanpa balas bersarang di gawang Dwi Yudha. Akibat kekalahan itu, manajemen memecat Salahuddin, yang disusul pengunduran diri pelatih kiper, Dedy Siswanto dan Asisten Pelatih, Ismayana Arsyad.

Hingga berita ini ditulis, Persiba belum memiliki posisi pengganti Salahuddin dan kawan-kawan. Menariknya, Gede Widiade juga tidak begitu yakin, pemecatan pelatih akan membawa hasil lebih baik bagi tim.  “Apakah mengganti pelatih (hasilnya akan lebih baik), tidak juga. Tapi minimal ada usaha ke arah yang lebih baik sesuai dengan apa yang diharapkan,” tandasnya.

Menurut pria yang berpengalaman menangani tim-tim besar itu, menang kalah, draw merupakan hasil pertandingan, yang tidak lepas dari suatu proses. “Pemain Persiba ini menurut saya memiliki kualitas individu yang cukup bagus, mohon dukungan masyarakat Balikpapan,” harapnya.

Lihat juga...