Ribuan Calon Penerima Kartu Kusuka di Bangka Diverifikasi

Ilustrasi - Nelayan - Dok: CDN

SUNGAILIAT – Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memvalidasi 2.927 calon penerima kartu pelaku usaha kelautan dan perikanan (Kusuka).

“Sampai saat ini kami berhasil melakukan validasi 2.927 Kusuka untuk pembuatan kartu itu dari seluruh calon penerima di Kabupaten Bangka,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil, Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Ibnu Taufik Hidayat, Senin (1/7/2019).

Mereka yang sudah divalidasi berasal dari nelayan, pemasar ikan, maupun pembudidaya ikan perorangan. Selain melakukan validasi data calon penerima Kusuka, juga sudah dilakukan penyerahan 178 lembar Kusuka kepada penerima.

Penerbitan Kartu Kusuka, dilakukan oleh pemerintah pusat atas usulan data validasi dari pemerintah daerah. “Kewenangan kami dalam hal Kusuka hanya sebatas mengusulkan calon penerima ke pemerintah pusat. Selanjutkan, akan dilakukan pencetakan kartu yang melibatkan BNI sebagai lembaga keuangan pemerintah,” jelasnya.

Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, bersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sudah menyosialisasikan Kartu Kusuka kepada nelayan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat.

Kartu Kusuka, berfungsi sebagai identitas profesi pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan. Basis data-nya, untuk memudahkan perlindungan dan pemberdayaan, pelayanan, dan pembinaan pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan. Termasuk sebagai sarana pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program Kementerian Kelautan dan Perikanan. (ant)

Lihat juga...