Ribuan Lowongan Kerja di Bekasi Dibuka Bagi Tenaga Kerja Lokal

Editor: Koko Triarko

 Edi Rochyadi, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi –Foto: M Amin

BEKASI – Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat membuka ribuan lowongan pekerjaan bagi warga lokal, untuk mengurangi angka pengangguran di wilayah setempat.

“Setidaknya ada 1.937 lowongan yang telah tersedia di empat kawasan industri. Lowongan tersebut khusus dibuka bagi warga Kabupaten Bekasi,” ungkap Edi Rochyadi, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Selasa (9/7/2019).

Dikatakan, bahwa empat wilayah industri yang membuka lowongan kerja meliputi MM2100 dengan kuota 523 lowongan kerja, Deltamas dan Greenland International Industrial Center sebanyak 182, serta East Jakarta Industrial Center (EJIP) sebanyak 1.232.

Menurutnya, penyediaan bursa lowongan kerja tersebut merupakan hasil dari kunjungan yang dilakukan Bupati Kabupaten Bekasi ke sejumlah kawasan industri dan perusahaan. Dengan dibukanya lowongan kerja bagi warga Bekasi, merupakan bentuk keseriusan pengusaha atas intruksi Bupati Bekasi.

Hal lain, imbuhnya, perusahaan di Bekasi sudah menyadari jika masih banyak warga yang membutuhkan pekerjaan sebagai sumber perekonomian. Optimisme bertambahnya lowongan kerja tersebut karena melihat keseriusan Bupati dalam mengunjungi setiap perusahaan di wilayahnya.

Lebih lanjut, Edi mengatakan, bahwa kesempatan kerja melalui bursa kerja ada kemungkinan akan terus bertambah. Karena menyediakan lowongan tenaga kerja lokal, terutama di zona industri sudah menjadi komitmen pemerintah Kabupaten Bekasi.

Menurutnya, data BPS 2018 menyebut dari jumlah angkatan kerja sebanyak 1.630.423 jiwa, masih terdapat 156.991 jiwa atau 9,69 persen penduduk berusia produktif yang menganggur di Kabupaten Bekasi.

Edi mengaku, berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Bekasi. Salah satunya meminta alokasi 30 persen dari jumlah karyawan perusahaan untuk warga Kabupaten Bekasi. Tetapi, diakuinya sebelumnya hanya imbauan yang tidak dibarengi dengan komunikasi langsung dengan perusahaan.

“Lowongan itu tidak pernah ada, setelah pemerintah datang langsung ke beberapa pengusaha, ternyata lowongan pekerjaan itu memang ada,” tandasnya.

Untuk informasi lebih lanjut, warga bisa datang ke Disnaker Kabupaten Bekasi melihat pengumumannya.

Diketahui dalam dua pekan terakhir, Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, terus melakukan kunjungan dalam rangka mensosialisasikan Peraturan Bupati Nomor 9 Tahun 2019, tentang dorongan untuk memberi ruang bagi tenaga kerja lokal.

Dari hasil kunjungan, didapat informasi kebutuhan tenaga kerja dari perusahaan khusus untuk warga Kabupaten Bekasi. Sebelumnya Bupati Bekasi berharap, komunikasi yang telah dilakukan dengan para pelaku usaha dapat menjadikan segalanya menjadi lebih baik lagi.

Lihat juga...