hut

Rumah Kebaya “Spot” Favorit Berfoto di Lebaran Betawi

Pengunjung berfoto di replika rumah kebaya, rumah adat Betawi yang ada di gelaran Lebaran Betawi, Jumat (19/7/2019) - Foto Ant

JAKARTA – Replika rumah kebaya, rumah adat Betawi, menjadi spot favorit berfoto pengunjung pergelaran Lebaran Betawi ke-12. Acara tersebut berlangsung di lapangan silang Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Semua stan dari lima wilayah kota dan satu kabupaten di DKI Jakarta menampilkan replika rumah kebaya. Semuanya tampil lengkap dengan aksesoris dan pernak-perniknya. Para pengunjung sudah berbondong-bondong mendatangi Monas, meski gelaran Lebaran Betawi ke-12 belum dibuka secara resmi.

Warga datang berombongan bersama keluarga, atau berpasangan, dan langsung memanfaatkan sudut-sudut di stan untuk berfoto maupun berswafoto. Seperti di stan milik Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, yang menampilkan replika rumah kebaya, miniatur perahu, dan backdrop berlukiskan hamparan pantai.

Sedikit berbeda, replika rumah kebaya yang ditampilkan Pemerintah Kota Jakarta Selatan yang bernuansa lebih modern dengan model pilar-pilar besar. Sangkar berisi burung gelatik juga dihadirkan sebagai penghias rumah adat dari Pemkot Jaksel. Namun yang tidak ketinggalan adalah, nuansa gemerlap dari lampu berwarna-warni.

Puput (35), warga Karet Bivak mengaku tertarik dengan replika rumah-rumah kebaya yang ada di gelaran Lebaran Betawi, karena disebutnya instagrammable. “Bagus, instagrammable. Bagus juga buat foto-foto, buat bikin instastory,” kata perantau asal Solo tersebut.

Lain lagi M Ali (52), warga Kuningan, Jakarta, yang paham betul bagaimana bentuk rumah kebaya khas Betawi. Dulu, kata pria asli Betawi itu, bentuk rumah-rumah masih banyak yang model khas rumah kebaya yang dibuat dari kayu kelapa. “Kalau zaman saya dulu, lantainya masih tanah. Belum pakai semen. Kayunya pakai kayu kelapa, bukan kayu jati,” jelasnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menyelenggarakan Lebaran Betawi bekerja sama dengan Badan Musyawarah Betawi (Bamus Betawi). Lebaran Betawi merupakan acara tahunan sebagai ajang silaturahmi warga Jakarta, yang kental dengan nuansa Betawi setelah Lebaran Idul Fitri.

Gelaran Lebaran Betawi 2019 kali ini mengusung tema, Dengan Budaye, Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia. Kegiatannya akan berlangsung selama tiga hari, hingga 21 Juli 2019. (Ant)

Lihat juga...