hut

Sampah Plastik Memenuhi Pantai Nuhanera Lembata

Editor: Mahadeva

LEWOLEBA – Keindahan Pulau Nuhanera di Teluk Hadakewa kabupaten Lembata, belum terkelola dengan baik. Banyak sampah berserakan di sepanjang pesisir pantai, sehingga sangat menganggu pemandangan.

“Memang setelah selesainya festival Nuhanera, pemerintah tidak melakukan penataan kembali tempat wisata ini. Kita berharap agar ditata, sehingga wisatawan bisa berkunjung ke tempat ini,” pinta Stefanus Ola, warga Desa Lamatokan, kabupaten Lembata, Minggu (7/7/2019).

Saat musim angin kencang. banyak sampah terbawa arus laut dan terdampar di pesisir pantai. Ini yang harus diperhatikan dan membutuhkan pembersihan. “Pemerintah bisa mengajak kelompok masyarakat untuk mengelola tempat wisata ini. Dengan begitu masyarakat rutin melakukan pembersihan pantai dari sampah terutama sampah plastik,” tandasnya.

Sampah plastik terlihat memenuhi pesisir pantai di 14 desa pesisir di Teluk Hadakewa. Meski untuk kawasan di Desa Lamatokan, masyarakat bersama pemerintah sudah melakukan pembersihan, sampah tampak masih banyak berserakan. “Kalau mau menjadi sebuah tempat wisata maka tentunya harus terbebas dari sampah. Keberadaan sampah plastik sangat mengganggu kami para nelayan sebab sering pukat dan mesin motor tersangkut sampah plastik,” ujarnya.

Benediktus bedil, aktifis lingkungan yang jug direktur LSM Barakat Lembata.Foto : Ebed de Rosary

Benediktus Bedil, Direktur LSM Barakat Lembata mengatakan, permasalahan sampah harus segera mendapatkan penanganan apabila wisata bahari ingin digalakan di kabupaten Lembata. Wisatawan sangat alergi dengan sampah terutama sampah plastik.

“Permasalahan sampah terutama sampah plastik sangat menganggu sekali bagi wisatawan terutama saat snorkling dan diving. Keberadaan sampah plastik juga merusak eksosistem dan menggganggu kehidupan satwa laut,” ucapnya.

Pemerintah melalui dinas terkait, diharapkan bisa menginisiasi masyarakat untuk mencintai laut dan menjaga kebersihannya. Dengan menggelar pelatihan dan dapat membantu masyarakat melalui kelompok sadar wisata.

Disaksikan Cendana News, sepanjang pesisir pantai berpasir putih di pulau Nuhanera hampir smeua dipenuhi sampah terutama sampah plastik terutama botol air mineral. Kayu-kayu pun berserakan di tempat ini.

Lihat juga...