hut

Sandiaga Ajak Emak-Emak di Bekasi Mandiri dengan Berbisnis

Editor: Mahadeva

BEKASI – Sandiaga Salahuddin Uno, mengajhak emak-emak di Bekasi hadir bergabung dengan OK OC untuk menjadi wirausaha mandiri.

“Bersama Pepes dan OK OC Indonesia, akan menciptakan Indonesia sejahtera dengan mendorong mental pengusaha yang sukses,” kata Sandiaga Uno, usai memberi motivasi dalam dialog UMKM dan Pepes OK OC dengan tema, Membangun Mental Kewirausahaan, Jumat (19/7/2019).

Menurutnya, OK OC Indonesia akan bekerjasama dengan Pepes Bekasi untuk menciptakan Indonesia sejahtera. OK OC Indonesia tidak memberi permodalan, tetapi memberikan akses permodalan bagi pengusaha baru yang kesulitan mendapatkan modal awal. “Emak emak di Bekasi bisa bergabubg dengan Pepes Bekasi. Nanti diteruskan ke OK OC Indonesia sebagai anggota,” tandasnya.

Sandiaga menyebut, saat ini ada sekira 120 ribu member OK OC. Dari jumlah tersebut, mayoritasnya adalah perempuan. Dan saat ini, perempuan disebutnya mendominasi sektor usaha mikro. Banyak bermunculan pengusaha perempuan yang bisa menginspirasi.

Saat ini disebutnya, ada 15 juta pengusaha perempuan naik kelas menjadi pebisnis. Tetapi dibalik itu, ada sekira 6 persen pengusaha perempuan yang masih susah mendapatkan dana. Dengan OK OC, ke depan perempuan tidak perlu berharap dana pemerintah dan bisa lebih mandiri.

Salah satu sektor usaha yang menurut Sandi berpeluang besar untuk dikembangkan adalah usaha busana muslim. Mode busana muslim dunia saat ini berkiblat ke Indonesia. “Kaum perempuan harus mengenali pasar dengan baik. Setelah tahu masuk-lah pasar produk yang dekat dengan perempuan. Kalau emak-emak yang fanatik maka tidak akan berpaling,” paparnya.

Sandi menyarankan, untuk memulai berbisnis dapat dilakukan dari rumah. Memuulai dari garasi rumah dengan melibatkan orang terdekat seperti suami. Kemudian dikembangkan dengan mengahak teman, karena setiap silaturahmi membawa rezeki. “Ajak keluarga lalu terapkan sistem mentorship atau pendamping. Dan ini akan diterapkan di OK OC. Karena hasil riset memulai usaha gampang begitu mendapat kendala pertama susah bangkit kembali. Dan OK OC akan fokus pada upaya pendampingan,” pungkasnya.

Lihat juga...